Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan pembelajaran untuk lebih memahami Least Common Multiple (LCM) dan Greatest Common Divisor (GCD) berdasarkan Pendidikan Matematika Realistis dengan bantuan puzzle untuk penggunaan yang valid, efektif dan praktis untuk siswa kelas 5 SDN Bendogerit 1 Kota Blitar. Model pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model 4D, tetapi meniadakan fase diseminasi. Validitas produk dinilai oleh tiga validator yaitu ahli materi, media, dan bahasa. Sementara kepraktisan dan efektivitasnya dinilai oleh dua pengamat dan siswa pengguna selama pengujian lapangan. Instrumen penelitian terdiri dari (1) angket validasi, (2) lembar observasi, (3) panduan wawancara, dan (4) tes. Hasil dari proses validasi dari ketiga validator menunjukkan bahwa media pembelajaran telah memenuhi kriteria "valid". Pengujian lapangan menghasilkan label "praktis" dan "efektif" dari penggunaan bahan ajar puzzle materi KPK dan FPB.
Copyrights © 2020