Jurnal Riset Fisika Edukasi dan Sains
Vol 7, No 1 (2020): Jurnal Riset Fisika Edukasi dan Sains

Pengaruh Efektivitas Pembelajaran Bertukar Pasangan Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Kognitif IPA-Fisika Peserta Didik

Zulva, Rahmi (Unknown)
Helendra, Helendra (Unknown)
Fauziah, Nurul (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis besarnya pengaruh pembelajaran bertukar pasangan dibandingkan dengan metode ceramah dalam pembelajaran.Perbedaan dari hasil belajar peserta didik antara dua sampel dapat dilihat efektif dan besarnya pengaruh sebuah model terhadap hasil belajar Besarnya pengaruh model pembelajaran dilihat menggunakan uji effect size. Penelitian ini menggunakan dua kelassampelyaitu kelas eksperimendan kelas kontrol.di salah satu SMP di Kota Padang.Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimentdengan desain randomized pretest-posttest control group design.Hasil penelitian menunjukkan bahwapenerapan pembelajaran bertukar pasangan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.Dilihat dari perbandingan peningkatan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol, dapat dikatakan bahwasanya pembelajaran bertukar pasangan lebih efektif dibandingkan pembelajaran ceramah. Hasil analisis pengaruh atau dampak sebuah metode dapat dilihat sebesar 76% proses pembelajaran bertukar pasangan ini mempengaruhi hasil belajar.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jfres

Publisher

Subject

Education Physics

Description

JRFES is a media or forum to publish the research on physics research and physics education. JRFES is focused on publishing original research that have not been published anywhere. Issues published by JRFES cover the field of pure physics, it could also be about educational physics such as planning, ...