KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra
Vol 3, No 2 (2020): JURNAL KREDO VOLUME 3 NO 2 TAHUN 2020

PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP PENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PENDAPAT PRIBADI

Sofia, Eva Maela (Unknown)
Fathurohman, Irfai (Unknown)
Purbasari, Imaniar (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mengekspresikan pendapat pribadi mereka dengan menggunakan pendekatan model pembelajaran   Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan 4 pertemuan 35 siswa kelas IV SD 2 Hadipolo dari tahun akademik 2019/2020 dan penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data melalui pengamatan, pengujian, dan dokumentasi. Hasil studi keterampilan menulis pendapat pribadi menggunakan model pengajaran dan pembelajaran kontekstual menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam setiap pertemuan. Keterampilan siswa menulis pendapat pribadi pada pertemuan pertama memperoleh 58% dan pada pertemuan kedua mencetak 61% dengan persentase rata-rata 60% dan cukup berkualitas. Pada pertemuan ketiga mendapat 73% dan pertemuan keempat mendapat 82% dengan persentase rata-rata 78% kualifikasi yang baik. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan siswa kelas IV SD 2 Hadipolo, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis pendapat pribadi.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

kredo

Publisher

Subject

Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal ilmiah "Kredo" merupakan jurnal ilmiah bahasa dan sastra, yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus. Jurnal ini terbit 2 kali dalam setahun, yakni pada tiap bulan Oktober dan ...