Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan pada rendahnya tingkat pemahaman dan keterampilan siswa yang mengikuti pembelajaran pemrograman dasar. Tujuan penelitian yaitu membuktikan apakah implementasi metode pembelajaran PBI mempunyai pengaruh pada peningkatan hasil belajar siswa ranah kognitif dan psikomotor. Metode dalam penelitian yang dipakai adalah Quasi Eksperimental Method menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Data dikumpulkan dengan instrumen tes untuk mendapatkan nilai pada ranah kognitif dan praktikum yang terdapat pada jobsheet untuk mendapatkan nilai pada ranah psikomotor. Pengujian yang digunakan yaitu pengujian independent sample t-test dan paired sample t-test. Hasil pengujian memperoleh nilai yaitu 0,000 kurang dari 0,05 yang memiliki arti terdapat perbedaan nilai pretest kognitif dengan posttest kognitif dan adanya perbedaan nilai pretest psikomotor dengan posttest psikomotor, maka diperoleh kesimpulan bahwa metode pembelajaran PBI memilki pengaruh terhadap peningkatan hasil belajar kognitif dan psikomotorik.
Copyrights © 2020