Tujuan penelitian ini adalah memperbaiki kualitas mengajar guru melalui supervisi klinis. Supervisi klinis merupakan pembinaan profesional oleh kepala sekolah kepada guru dengan tujuan memperbaiki kemampuan mengajar dengan transparan. Subjek penelitian ini adalah empat orang guru Matematika. Teknik sampling pada penelitian ini yaitu melalui pengamatan, wawancara, dan dokumentasi serta teknik penentuan sampel menggunakan Purposive Sampling. Data yang diperoleh oleh peneliti adalah data primer yang dikumpulkan dan diolah langsung oleh peneliti dari subjek penelitian ini, analisis data yang digunakan yaitu menggunakan statistik deskriptif yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) dilakukan dalam dua siklus, dalam beberapa siklus tersebut menunjukkan peningkatan kemampuan atau kemampuan mengajar Guru Matematika SMK PGRI 5 Jakarta. Hasil penelitian ini terungkap bahwa terjadi peningkatan dari prasiklus 33,29 %, siklus pertama 60,7 %, dan siklus kedua 87,6 %. Artinya terjadi peningkatan kemampuan mengajar guru dari beberapa indikator yang diukur.
Copyrights © 2020