Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi
Vol 4, No 1 (2020)

ANALISA DAN PERANCANGAN GAME EDUKASI STUDENT ADVENTURE 2D PADA SMK NEGERI 1 AL-MUBARKEYA

Sulaiman Aula (Pendidikan Teknologi Informasi UIN Ar-Raniry)
Hendri Ahmadian (Teknologi Informasi UIN Ar-Raniry)
Basrul Abdul Majid (Pendidikan Teknologi Informasi)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2020

Abstract

Penelitiant ini bertujuan merancang media belajar dalam bentuk game. penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan ( Research and Dvelopment ). Dalam tahapan proses penelitian ini ada tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi dan pengujian. Pengujian yang dilakukan berupa validasi yang dilakukan oleh ahli media dan ahli materi. Kemudian media diuji coba oleh siswa, setelah dilakukan validasi dan media memenuhi kriteria interaktif yang layak, barulah kemudian dilakukan pengujian atau penelitian untuk mengetahui kelayakan dilapangan. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Al-Mubarkeya Aceh Besar dengan melibatkan 30 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, kemudian data yang diproleh dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Pada penelitian ini didapatkan hasil kelayakan ahli materi dengan nilai nilai rata-rata 4,65 (sangat layak), ahli media dengan nilai rata-rata 4,35 (sangat layak) dan hasil uji coba oleh mahasiswi dengan nilai rata-rata 4,44 ( sangat baik). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa game edukasi “Student  Adventure” layak digunakan sebagai media pembelajaran di SMK Negeri 1 Al-Mubarkeya Aceh Besar.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

cyberspace

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Other

Description

Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi is an open access, peer-reviewed journal that will consider any original scientific article that expands the field of information technology education and various other related applied computer sciences themes. The journal publishes articles of ...