Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan
Vol 3, No 2 (2020): Volume 3 No 2 Juni 2020

MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA UNTUK MENGEMBANGKAN MUTU PENDIDIKAN

Nur Khikmah (Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2020

Abstract

Abstrak: Keberhasilan program pendidikan di sekolah sangat dipengaruhi oleh kondisi sarana dan prasarana pendidikan. Pemenuhan kebutuhan sarana prasarana bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis faktor-faktor perencanaan, pengorganisasian, penggerak, pemantauan, penunjang dan penghambat pengelolaan infrastruktur untuk meningkatkan mutu pendidikan di MI Kebonharjo Semarang Utara. Teknik pengumpulan data penelitian kualitatif dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Teknik analisis data: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Temuan dari penelitian ini adalah perencanaan dengan rapat tahunan, evaluasi, review program kerja, pelaksanaan kegiatan program dan sosialisasi program kepada orang tua. Pengorganisasian: struktur organisasi, kepegawaian, uraian tugas dan tanggung jawab, komunikasi dan koordinasi. Mobilisasi dengan pengadaan barang, inventaris, pemeliharaan, seleksi, pelaporan. Pengawasan dengan melakukan evaluasi dan supervisi serta tindak lanjut dari supervisi. Faktor pendukung: desain rapi, penempatan pegawai, pengarsipan rapi dan keterlibatan pengawas madrasah. Faktor penghambat: komitmen setiap sumber daya manusia, kurangnya dana, regulasi yang berbelit-belit, dan kurangnya pengembangan keterampilan karyawan. Keyword: infrastructure management, education quality Abstrak: Keberhasilan program pendidikan di sekolah sangat dipengaruhi oleh kondisi sarana dan prasarana pendidikan. Pemenuhan kebutuhan sarana prasarana ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pengawasan, serta faktor pendukung dan penghambat manajemen sarana prasarana untuk mengembangkan mutu pendidikan di MI Kebonharjo Semarang Utara. Teknik pengumpulan data penelitian kualitatif dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Teknik analisis data: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun temuan penelitian ini adalah perencanaan dengan rapat tahunan, evaluasi, mereview program kerja, melaksanakan program kegiatan dan sosialisasi program kepada wali murid. Pengorganisasian: struktur organisasi, penempatan staff, uraian tugas dan tanggung jawab, komunikasi dan koordinasi. Penggerakan dengan mengadakan barang, inventarisasi, perawatan, pemilihan, pelaporan. Pengawasan dengan melakukan evaluasi dan supervisi serta ada tindak lanjut dari pengawasan. Faktor pendukung: perancangan apik, penempatan pegawai, pengarsipan rapi dan keterlibatan pengawas madrasah. Faktor penghambat: komitmen masing-masing sumber daya manusia, minimnya dana, regulasi yang rumit dan kurangnya pengembangan keterampilan pegawai. Kata Kunci : Manajemen Sarana Prasana, Mutu Pendidikan

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jamp

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education

Description

JAMP : Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan [e-ISSN 2615-8574] was first published in 2018 by the Department of Educational Administration Faculty of Education State University of Malang. Published four times a year, March, June, September, and December. We accept research articles within ...