Anak-anak belum mampu aktif bermain, mereka cenderung berlari-lari dan jarang berkomunikasi dengan anak yang lain, mudah merasa bosan saat melakukan sesuatu, anak juga cenderung diam/tidak banyak pertanyaan yang diajukan pada saat bermain, dan rasa keingintahuan terhadap suatu hal sangat kurang. Untuk menumbuhkan kreativitas anak, maka seorang guru harus lebih banyak memberikan kesempatan kepada anak untuk mengambil peran aktif dan kreatif dalam suasana belajar yang menyenangkan, menghargai setiap gagasan dan ide anak walaupun terkadang sedikit aneh, memberikan kesempatan sebanyak mungkin kepada anak untuk berkreasi dan berimajinasi. Jenis dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini berjumlah 10 anak dengan rincian 5 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini observasi siswa, catatan lapangan dan dokumentasi. Siklus I rata-rata persentase anak belum muncul 27,1%, mulai muncul 61,4%, berkembang sangat baik dan berkembang sesuai harapan 11,4%. Siklus II rata-rata persentase anak yaitu mulai muncul 11,4%, berkembang sangat baik dan berkembang sesuai harapan 88,5%.
Copyrights © 2016