Pedagogi : Jurnal Penelitian Pendidikan
Vol 4, No 1 (2017)

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR KESENIAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KELOMPOK DENGAN CARA MENYANGKAL PADA SISWA KELAS VII SEMESTER GANJIL SMPN 1 CINIRU KABUPATEN KUNINGAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Nurhayati, Yeyet (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 May 2017

Abstract

Seorang guru tentunya dalam menyampaikan materi pembelajaran membutuhkan metode agar materi lekas bisa diterima oleh peserta didik.Tentunya dalam kegiatan penelitian ini peneliti ingin mengetahui apakah pembelajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran Kelompok Dengan Cara Menyangkal bisa meningkatkan minat belajar pada siswa.Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan di SMPN 1 Ciniru Kabupaten Kuningan tepatnya di kelas VII. Karena penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, maka penelitian dilakukan dimana guru mengajar pada kelas tersebut.Untuk pengambilan data digunakan dua angket yaitu angket aktivitas dan soal penilaian. Angket aktivitas untuk melihat keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar dan untuk melihat tingkat kerjasama siswa. Sedangkan angket penilaian untuk melihat hasil belajar siswa dalam satu siklus.Dari hasil penelitian ternyata bahwa pembelajaran dengan metode jurnal kemampuan siswa dan hasil belajar siswa terbukti meningkat. Terbukti tampak dari data daya kreasi pada siklus 3 mencapai 39 siswa atau 97,5%, daya pengembangan mencapai 40 siswa atau 100% dan daya penerapan mencapai 40 siswa atau 100% serta tingkat pemahaman mencapai 40 siswa atau 100%, tingkat pengamatan 38 siswa atau 95,00% dan tingkat penghayatan 37 siswa atau 92,5%.Dengan harapan penelitian ini dapat berkembang dan bermanfaat untuk meningkatkan hasil pembelajaran. Kata Kunci; Prestasi Belajar, Model Pembelajaran Kelompok

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

pedagogi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan (P-ISSN 2407-4837, E-ISSN 2614-1728) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kuningan (PGSD FKIP UNIKU), Indonesia. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun (Mei & ...