JURNAL MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN (JMMP)


KESIAPAN IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK)

Julitri Maria (Unknown)
Nandang Kosasih Ananda (Unknown)
Sumadi Sumadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2014

Abstract

This study aims to describe and analyze the readiness of implementing the 2013 curriculum at SMK Muhammadiyah 2 Metro. This study used qualitative approach with a single case study design. The data collecting technique is done through interviews, documentation studies, and field observations. Analysis used the interactive patterns of data. The results obtained are: 1) Readiness curriculum implementation in 2013 begins with planning goals and objectives to be achieved. 2) Implementation monitoring of curriculum 2013 by Teacher Assistants are found not in accordance with the or targets and objectives of the various aspects. 3) The attitude of teachers and students towards the implementation of the curriculum in 2013 at SMK Muhammadiyah 2 Metro has not yet appeared.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kesiapan implementasi kurikulum 2013 di SMK Muhammadiyah 2 Metro. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus tunggal. Teknik ini mengumpulkan data melalui wawancara, studi dokumentasi, dan observasi lapangan. Analisis menggunakan pola interaktif data. Hasil yang diperoleh adalah: 1) pelaksanaan kurikulum Kesiapan tahun 2013 dimulai dengan tujuan perencanaan dan tujuan yang akan dicapai. 2) Pemantauan Implementasi kurikulum 2013 oleh Asisten Guru yang ditemukan tidak sesuai dengan sasaran dan tujuan atau dari berbagai aspek. 3) Sikap guru dan siswa terhadap pelaksanaan kurikulum tahun 2013 di SMK Muhammadiyah 2 Metro belum muncul.Kata kunci: kesiapan implementasi, kurikulum 2013, sekolah menengah kejuruan

Copyrights © 0000






Journal Info

Abbrev

JMMP

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Education Environmental Science

Description

Focus and Scope . Assessment dan evaluasi pembelajaran Manajemen Teknologi dan Inovasi pembelajaran Pembelajaran berbasis HOT Pembelajaran berbasis inkusif Manajemen pembelajaran terpadu Manajemen pendekatan Ilmiah termasuk metode ilmiah sebagai metode yang sedang berlangsung; Blended ...