cover
Contact Name
Bayu Saputra
Contact Email
bayudesmonn@gmail.com
Phone
+628992290175
Journal Mail Official
mp@fkip.unila.ac.id
Editorial Address
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/jmmp/about/editorialTeam
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
JURNAL MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN (JMMP)
Published by Universitas Lampung
ISSN : 23383178     EISSN : 27164616     DOI : http://dx.doi.org/10.23960/jmmp
Focus and Scope . Assessment dan evaluasi pembelajaran Manajemen Teknologi dan Inovasi pembelajaran Pembelajaran berbasis HOT Pembelajaran berbasis inkusif Manajemen pembelajaran terpadu Manajemen pendekatan Ilmiah termasuk metode ilmiah sebagai metode yang sedang berlangsung; Blended learning
Articles 211 Documents
IMPLEMENTASI MANAJEMEN STRATEGIK DALAM PENYUSUNAN RENCANA KERJA SMP TUNAS MEKAR INDONESIA BANDAR LAMPUNG A. Daiyuni Kartika Sari; Riswanti Rini; Supomo Kandar
9 772338317006
Publisher : Program Studi Magister Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (121.435 KB)

Abstract

The aim of the research was to describe the implementation of Strategic Management in Arranging the School Plan in SMP Tunas Mekar Indonesia Bandar Lampung. This qualitative research applied data collection techniques through observation, documentation and interviews. The data sources were the leaders of Sekolah Tunas Mekar Indonesia, School Committee (Parents Association), and teacher. The results of the research were SMP Tunas Mekar Indonesia: 1) has formed a School Development Team as the first step of strategic management process, 2) has formulated school vision, mission and goal as the prime basic of school programs, 3) The process of Arrangement of School Plan was through 5 steps, 4) The Implementation of School Plan had been through some steps which were: monitoring, evaluating, reporting, renewing. Tujuan penelitian untuk menjelaskan implementasi manajemen strategik dalam penyusunan rencana kerja sekolah di SMP Tunas Mekar Indonesia Bandarlampung. Penelitian kualitatif ini mengaplikasikan teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Sumber data adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, Komite Sekolah, dan ketua yayasan. Hasil penelitian: 1) Sekolah membentuk Tim Pengembang Sekolah sebagai tahap perencanaan dari manajemen strategik, 2) Perumusan visi, misi dan tujuan sekolah sebagai landasan untuk program sekolah, 3) Proses penyusunan Rencana Kerja Sekolah dan Rencana Kerja Tahunan melalui 5 tahap, 4) Implementasi RKS mealui tahap pelaksanaan, monitoring, evaluasi, pelaporan dan pembaharuan. Kata kunci: implementasi, manajemen strategik, rencana kerja sekolah
KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM UPAYA MEMENUHI KEPUASAN PELANGGAN Rosmala Dewi; Irawan Suntoro; Sumadi Sumadi
9 772338317006
Publisher : Program Studi Magister Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (84.726 KB)

Abstract

This research aimed to analyze and describe the leadership of the principal, customer satisfaction, the efforts and the constraints confronted by the principal in fulfilled the customer satisfaction at SMAN 2 Bandar Lampung. The method of the research used qualitative approach by case study design. Data collecting technique used interview, documentation and observation. The data sources consisted of principal, teachers, staff, students, school committee, superintendent of school and OSIS. Results of research showed that the leadership of the principal at SMA Negeri 2 Bandar Lampung had implemented the effective leadership, customer satisfaction was fulfilled because it had met the dimensions that could be used as a benchmark (guidelines) in measuring the level of customer satisfaction, the principal of SMA Negeri 2 Bandar Lampung had optimal strives to meet customers' satisfaction, but physical facilities and lack of personnel officer capacity be the greatest obstacles in meeting customers satisfaction.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kepemimpinan kepala sekolah, kepuasan pelanggan, upaya-upaya kepala sekolah, dan kendala-kendala yang dihadapi kepala sekolah dalam memenuhi kepuasan pelanggan di SMA Negeri 2 Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, studi dokumentasi dan observasi. Sumber data terdiri dari kepala sekolah, guru, staf, siswa, komite sekolah, pengawas sekolah, dan OSIS. Hasil penelitian menunjukkan kepemimpinan kepala sekolah di SMA Negeri 2 Bandar Lampung telah menerapkan kepemimpinan kepala sekolah yang efektif, kepuasan pelanggan terpenuhi karena telah memenuhi dimensi yang dapat dijadikan patokan (pedoman) dalam mengukur tingkat kepuasan pelanggan, kepala SMA Negeri 2 Bandar Lampung dalam kepemimpinannya telah optimal berupaya untuk memenuhi kepuasan pelanggan, namun sarana fisik dan kurangnya tenaga personalia menjadi kendala utama dalam memenuhi kepuasan pelanggan.Kata kunci: kepala sekolah, kepemimpinan, kepuasan pelanggan
PERAN PENGAWAS DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA SMA NEGERI DI KABUPATEN TANGGAMUS Syahruddin Syahruddin; Sulton Djasmi; Irawan Suntoro
9 772338317006
Publisher : Program Studi Magister Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (81.134 KB)

Abstract

This study focused on the roles of school superintendents in implementing 2013 Curriculum in Senior High Schools in Tanggamus, with the following sub-focus: (1) the role of the superintendent in monitoring teachers, (2) the role of the superintendent as a supervisor, (3) implementation of the superintendents roles in evaluating teachers in implementing 2013 Curriculum in State Senior High Schools in Tanggamus District. This study used a qualitative approach with a case study design. Data were collected using in-depth interviews, documentation and observation. Respondents or informants were selected using purposive sampling, and followed by snowball sampling. Results of this study were: (1) the monitoring was carried out by including selection of appropriate teaching materials in preparing each plan of learning programs created by teachers. (2) The school superintendents supervised the teachers in order to follow up the results of monitoring. (3) The superintendent in carrying out evaluation towards the teachers performance did not fully fit 2013 Curriculum.Penelitian ini difokuskan pada peran pengawas sekolah dalam melaksanakan Kurikulum 2013 SMA di Tanggamus, dengan mengikuti sub-fokus: (1) peran pengawas dalam pemantauan guru, (2) peran pengawas sebagai supervisor, (3) pelaksanaan peran pengawas dalam mengevaluasi guru dalam melaksanakan Kurikulum 2013 di SMA Negeri di Kabupaten Tanggamus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Data dikumpulkan dengan menggunakan wawancara mendalam, dokumentasi dan observasi. Responden atau informan dipilih secara purposive sampling, dan diikuti oleh snowball sampling. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) pemantauan dilakukan dengan memasukkan pemilihan bahan pengajaran yang sesuai dalam mempersiapkan setiap rencana program pembelajaran yang dibuat oleh guru. (2) pengawas sekolah diawasi guru untuk menindaklanjuti hasil pemantauan. (3) pengawas dalam melaksanakan evaluasi terhadap kinerja guru tidak sepenuhnya fit Kurikulum 2013.Kata kunci: bimbingan, evaluasi, pemantauan, pengawas sekolah
PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, IKLIM SEKOLAH, BUDAYA ORGANISASI TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI GURU Syamsiah Syamsiah; Alben Ambarita; Sowiyah Sowiyah
9 772338317006
Publisher : Program Studi Magister Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (406.701 KB)

Abstract

The purpose of this study was to determine and analysis: (1) a significant and positive effect of school leadership toward achievement motivation of teachers, (2) a significant and positive effect of school climate on job performance and achievement motivation, (3 ) a significant and positive influence organizational culture on achievement motivation, (4) a significant and positive effect jointly between leadership, school climate, organizational culture on achievement motivation teachers. This research is a quantitative study with a correlation approach. The results showed that (1) there is a significant relationship between principal leadership towards the achievement motivation of teachers 54.1%, (2) there is a significant relationship between school climate on achievement motivation 75,0%, (3) there is a significant relationship between organizational culture on achievement motivation 30.5%, (4) there is a significant together relationship between principal leadership, school climate and organizational culture on achievement motivation of teachers.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan analisis: (1) Pengaruh positif dan signifikan kepemimpinan kepala  sekolah terhadap motivasi berprestasi guru, (2)  Pengaruh positif dan signifikan iklim sekolah terhadap prestasi  kerja motivasi berprestasi guru, (3)  Pengaruh positif dan signifikan budaya organisasi terhadap motivasi berprestasi guru, (4) Pengaruh positif dan signifikan  secara bersama-sama antara kepemimpinan, iklim sekolah, budaya organisasi terhadap motivasi berprestasi guru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi berprestasi guru sebesar 54,1%. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara iklim sekolah terhadap motivasi berprestasi guru sebesar 75,0%. (3) Terdapat pengaruh yang signifikafn antara budaya organisasi terhadap motivasi berprestasi guru sebesar 30,5%. (4) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah, iklim sekolah dan budaya organisasi guru terhadap motivasi berprestasi.Kata kunci: budaya organisasi, iklim sekolah, kepemimpinan kepala sekolah, motivasi berprestasi
MANAJEMEN PRAKTIK KERJA INDUSTRI KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK SEPEDA MOTOR Ramli Jumadi; Riswanti Rini; Alben Ambarita
9 772338317006
Publisher : Program Studi Magister Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (297.953 KB)

Abstract

The focus of the research emphasis on planning, organization and implementation of the industrial working practice and absorption graduates in the industry. The study used a qualitative approach to express and describe reality correctly, data collection techniques through observation, documentation and interviews. Research results are: 1) planning of industrial working practice in motorcycle engineering competence has been done well, 2) the organization of industrial working practice are developed with emphasis on the principles of school-based management, 3) the implementation of the industrial working practice based on a commitment between SMKN2 Bandar Lampung and the Industry, 4) the absorption of the graduates in industry described the success of link and match program conducted by the school.Fokus dari penelitian penekanan pada perencanaan, organisasi dan pelaksanaan praktik kerja industri dan lulusan penyerapan dalam industri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mengekspresikan dan menggambarkan realitas dengan benar, teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian adalah: 1) perencanaan praktek kerja industri di kompetensi teknik motor telah dilakukan dengan baik, 2) organisasi praktek kerja industri dikembangkan dengan penekanan pada prinsip-prinsip manajemen berbasis sekolah, 3) pelaksanaan praktek kerja industri berdasarkan komitmen antara SMKN2 Bandar Lampung dan Industri, 4) penyerapan lulusan di industri menggambarkan success links dan Program pertandingan yang dilakukan oleh sekolah.Kata kunci: keterserapan, pelaksanaan, pengorganisasian, perencanaan
EVALUASI PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN DI SMP NEGERI 1 ABUNG BARAT LAMPUNG UTARA Prasetyo Hidayat; Sulton Djasmi; Sowiyah Sowiyah
9 772338317006
Publisher : Program Studi Magister Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (331.973 KB)

Abstract

This thesis intended to evaluate the implementation of quality assurance programs of education in SMP Negeri 1 Abung Barat school year 2013/2014 by using the Context, Input, Process, Product (CIPP) model, through the evaluation approach with a qualitative description method. The results showed that: in the aspect of context, education quality assurance program provided quality education to the community, and enhance the prestige of the school. In the aspect of the input consists of two components, namely teacher standards, and management standards, the average 86.04% compliance with both criteria. In the aspect of the process consists of three components: content standards, processes standardized and evaluation standard with 75.66% moderate criteria. In the aspect of products standard which were measured was a graduate standard, this standard fulfillment is 100%. Based on the grouping of five national standards, SMP Negeri 1 Abung Barat is the school towards SNP group 3, with a value of five national education standards was 79.81 (? 6.5).Tesis ini bertujuan mengevaluasi pelaksanaan program jaminan kualitas pendidikan di SMP Negeri 1 Abung Barat tahun ajaran 2013/2014 dengan menggunakan model Context, Input, Process, Product (CIPP), melalui pendekatan evaluasi dengan metode deskripsi kualitatif . Hasil penelitian menunjukkan: Dalam aspek konteks, program jaminan kualitas pendidikan memberikan pendidikan yang berkualitas kepada masyarakat, dan meningkatkan prestise sekolah. Dalam aspek input terdiri dari dua komponen, yaitu standar guru, dan standar pengelolaan, rata-rata 86,04% sesuai dengan kriteria. Dalam aspek proses terdiri dari tiga komponen: standar isi, standar proses dan standar penilaian dengan 75,66% kriteria sedang. Dalam aspek standar produk yang diukur adalah standar lulusan, pemenuhan standar ini adalah 100%. Berdasarkan pengelompokan lima standar nasional, SMP Negeri 1 Abung Barat Menuju kelompok SNP 3, dengan nilai lima standar pendidikan nasional adalah 79,81 (? 6,5).Kata kunci: CIPP, evaluasi progam, penjaminan mutu pendidikan
IMPLEMENTASI SISTEM MERIT DI SMP AL KAUTSAR KOTA BANDAR LAMPUNG Rintha Wisangsari; Nandang Kosasih Ananda; Riswanti Rini
9 772338317006
Publisher : Program Studi Magister Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (224.081 KB)

Abstract

This study aimed to describe 1) policy foundations in implementing the merit system in SMP Al Kautsar, 2) Implementation of performance appraisal, 3) implementation of reward and punishment in the merit system, 4) payroll and incentive systems, and 5) obstacles and barriers in the implementation of the merit system in SMP Al Kautsar. This study used a qualitative approach. The results showed that: 1) policy foundations in implementing a merit system can create a work environment that is fair, competitive, and improve teacher productivity, 2) the performance of teachers in junior Al Kautsar is good, 3) implementation of reward and punishment can improve motivation of teachers, improve teacher performance, and improve the performance of teachers, 4) payroll system and incentives contained in SMP Al Kautsar is good and adequate, 5) constraints and obstacles in the implementation of the merit system is still a teacher who has not been able to assess themselves and the work is not maximized.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) yayasan kebijakan dalam menerapkan sistem merit di SMP Al Kautsar, 2) Pelaksanaan penilaian kinerja, 3) pelaksanaan reward and punishment dalam sistem merit, 4) penggajian dan sistem insentif, dan 5) rintangan dan hambatan dalam pelaksanaan sistem merit di SMP Al Kautsar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) yayasan kebijakan dalam menerapkan sistem merit dapat menciptakan lingkungan kerja yang adil, kompetitif, dan meningkatkan produktivitas guru, 2) kinerja guru di SMP Al Kautsar baik, 3) pelaksanaan reward and punishment dapat meningkatkan motivasi guru, meningkatkan kinerja guru, dan meningkatkan kinerja guru, 4) sistem penggajian dan insentif yang terkandung di SMP Al Kautsar baik dan memadai, 5) kendala dan hambatan dalam pelaksanaan sistem merit masih seorang guru yang belum mampu menilai diri mereka sendiri dan pekerjaan tidak maksimal.Kata kunci: implementasi, kompensasi, sistem merit
PENGARUH DISIPLIN KERJA DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SMP Ferdina Tajuddin; Sulton Djasmi; Supomo Kandar
9 772338317006
Publisher : Program Studi Magister Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (67.732 KB)

Abstract

The purpose of this research is to describe and analyze: 1) work discipline, 2) principal leadership 3) work discipline and principal leadership simultaneously toward teachers performance on junior high schools in Kotabumi district on North Lampung regency. The kind of this research is quantitative by using method of ex post facto. The results of this research are: 1) there is positive influence between work discipline toward teachers performance, 2) there is positive influence between principal leadership toward teachers performance, 3) there is positive influence between work discipline and principal leadership toward teachers performance.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis: 1) disiplin kerja, 2) kepemimpinan kepala sekolah 3) disiplin dan kepemimpinan kepala sekolah bekerja secara simultan terhadap kinerja guru pada SMP di kabupaten Kotabumi di Kabupaten Lampung Utara. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode ex post facto. Hasil penelitian ini adalah: 1) ada pengaruh positif antara disiplin kerja terhadap kinerja guru, 2) ada pengaruh positif antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru, 3) ada pengaruh positif antara disiplin kerja dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru.Kata kunci: disiplin kerja, kepemimpinan kepala sekolah, kinerja guru
PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH Waidah Waidah; Sowiyah Sowiyah; Irawan Suntoro
9 772338317006
Publisher : Program Studi Magister Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (375.433 KB)

Abstract

The purpose of this study was to describe and analysis: 1) The Implementation of School-based management, 2) The Principal role in the Implementation of School-based management, 3) The function of the principal in the School-based management, 4) The constraints in the implementation of School-based management. This type of research is qualitative case-study design, data collection techniques through observation, documentation and interviews. Results of the study are: 1) Junior High School 10 Bandar Lampung focus in the implementation of School-based management. 2) The role of the principal in implementation of School-based management is in compliance with the rules governing procedure and the appropriate organizations to involve stakeholders in all school activities in order to make the school's independence. 3) The principal Function in the implementation of School-based management. 4) Obstacles in dealing with is a matter of funds because a lot of students who can't afford so that the school programs not running properly.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan dan menganalisis: 1) Penerapan manajemen berbasis sekolah, 2) Kepala Sekolah peran dalam Implementasi manajemen berbasis sekolah, 3) Fungsi pokok dalam manajemen berbasis sekolah, 4 ) kendala dalam pelaksanaan manajemen Berbasis Sekolah. Jenis penelitian ini adalah desain kasus-studi kualitatif, teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) SMP 10 Bandar Lampung fokus dalam pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah. 2) Peran kepala sekolah dalam penerapan manajemen berbasis sekolah adalah sesuai dengan peraturan yang mengatur prosedur dan organisasi yang tepat untuk melibatkan stakeholder dalam semua kegiatan sekolah agar kemandirian sekolah. 3) Fungsi pokok dalam pelaksanaan manajemen berbasis sekolah. 4) Hambatan dalam menangani adalah masalah dana karena banyak siswa yang tidak mampu sehingga program sekolah tidak berjalan dengan baik.Kata kunci: peran kepala sekolah, implementasi manajemen, manajemen berbasis sekolah
Pengaruh Motivasi Kerja, Lingkungan Kerja dan Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SD Mei Refsawati; Bujang Rahman; Alben Ambarita
9 772338317006
Publisher : Program Studi Magister Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (207.556 KB)

Abstract

This study aims to analyze the significant influence between motivation, work environment and principal supervision on improving the performance of elementary school teachers in Bandar Lampung. The type of this research is expost facto research, research design used is quantitative. Data collection using questionnaires. The population of the study is the public elementary school teacher in Bandar Lampung. The sample of research is 90 people. Data analysis techniques use multiple linear regression. The results showed that there is a significant influence between work motivation, work environment and supervision of school principal together to the performance of elementary school teachers in Bandar Lampung City.Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh signifikan antara motivasi, lingkungan  kerja   dan   supervisi  kepala sekolah terhadap   peningkatan   kinerja guru  sekolah dasar di Bandar  Lampung. Jenis penelitian ini adalah penelitian expost facto, rancangan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi penelitian adalah guru sekolah dasar negeri di Bandar Lampung. Sampel penelitian sebanyak 90 orang. Teknik analisis data mengunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara motivasi kerja, lingkungan kerja dan supervisi kepala sekolah secara bersama-sama terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Negeri di Kota Bandar Lampung.Kata kunci: motivasi kerja, lingkungan kerja, supervisi  kepala sekolah, guru

Page 1 of 22 | Total Record : 211