JURNAL MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN (JMMP)


PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, KECERDASAN EMOSIONAL KECERDAAN SPIRITUAL GURU TERHADAP PROFESIONALISME GURU

Poniman Poniman (Unknown)
Sumadi Sumadi (Unknown)
Hasan Hariri (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Apr 2017

Abstract

The purpose of this research was to investigate, test and analyze the impacts of principal leadership, emotional intelligence, and spiritual-intelligence on teachers professionalism at Vocational High Schools (SMKN) in Bandar Lampung City. This research was descriptive quantitative and usedquestionnaires to collect the data. The data collected wereanalyzed using simple and multiple regression analyses. The number of population in this research was 695 teachers with a sample of 237 teachers using Taro Yamane formula.The research results, in general, show positive and significant impact of school leadership, emotional intelligence, spiritual intelligence on the professionalism of teachers both partially and simultaneously.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, menguji dan menganalisis pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual guru terhadap profesionalisme guru SMK Negeri di kota Bandarlampung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa kuisioner. Pengujian hipotesis digunakan analisis regresi linier sederhana dan berganda. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 695 guru dengan tekhnik pengambilan sampel mengunakan rumus Taro Yamane serta diperoleh sampel 237.Hasil penelitian secara umum menunjukan pengaruh positif dan signifikan kepemimpinan kepala sekolah, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap profesionalisme guru baik secara parsial maupun simultan.Kata kunci: Kepemimpinan, kecerdasan, profesionalisme guru, spiritual

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JMMP

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Education Environmental Science

Description

Focus and Scope . Assessment dan evaluasi pembelajaran Manajemen Teknologi dan Inovasi pembelajaran Pembelajaran berbasis HOT Pembelajaran berbasis inkusif Manajemen pembelajaran terpadu Manajemen pendekatan Ilmiah termasuk metode ilmiah sebagai metode yang sedang berlangsung; Blended ...