This study aims to describe the effect size (method size) method in improving the ability and learning activities in patients with acidic acid pH. This research was conducted at one of Senior High School in Bandar Lampung Teaching Year 2017/2018 using quasi experimental method with Non Equivalence Pretest Posttest Control Group Design. The statistical method in this study was conducted by using n-gain which was significant between experiment class and control class and supported by student activity. The size associated with using the effect size. The results obtained by students metacognition ability and student activity average are high, and size of influence is great. With these things, the method used has a large measure in improving the ability and learning activities in patients with acidic acid pH.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ukuran pengaruh (effect size) metode eksperimen dalam meningkatkan kemampuan metakognisi dan aktivitas belajar siswa pada materi penentuan pH larutan asam basa. Penelitian ini telah dilakukan di salah satu SMA di Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017/2018 menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalence Pretest Posttest Control Group Design. Pengaruh metode eksperimen pada penelitian ini ditunjukkan dengan adanya perbedaan n-gain yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dan didukung oleh aktivitas siswa. Ukuran pengaruh dihitung menggunakan uji effect size. Hasil penelitian yang diperoleh kemampuan metakognisi siswa dan rata-rata aktivitas siswa tinggi, dan ukuran pengaruh yang besar. Berdasarkan hal tersebut, metode eksperimen memiliki ukuran pengaruh yang besar dalam meningkatkan kemampuan metakognisi dan aktivitas belajar siswa pada materi penentuan pH larutan asam basa.Kata kunci: Kemampuan metakognisi dan aktivitas siswa, metode eksperimen, dan penentuan pH larutan asam basa
Copyrights © 2018