Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia (JPPK)
Vol 9, No 1 (2020): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia

Efektivitas Penggunaan LKPD Berbasis Model SimaYang untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa

Bayu Saputra (Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektivitas LKPD berbasis model SiMaYang  untuk meningkatkan penguasaan konsep peserta didik dan mengetahui ukuran efektivitas LKPD berbasis model SiMaYang dalam meningkatkan penguasaan konsep peserta didik pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Metode yang digunakan quasi experiment dengan desain non-equivalent pretest-postest control group design. Pretest dilakukan untuk mengetahui kemampuan awal siswa, sedangkan posttest dilakukan untuk memperoleh data penelitian serta mengetahui kemampuan akhir siswa.  Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X MIA salah satu sekolah di Bandar lampung tahun pelajaran 2019/2020 yang tersebar dalam 2 kelas, meliputi kelas X1, dan X2. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Berdasarkan hasil peneltian yang dilakukan, LKPD Berbasis SimaYang efektif terhadap peningkatan penguasaan konsep siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit, dan Keefektifan LKPD berbasis model SimaYang terhadap peningkatan penguasaan konsep tergolong dalam kategori tinggi. Katakunci: Efektivita, LKPD, SiMayang, Penguasaan konsep

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JPK

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Education

Description

Focus and Scope Assessment and evaluation of chemistry learning Chemistry learning technology and innovation Chemistry learning based on Problem Solving, SiMaYang, PJBL, Didactic, Lesson Study, Discovery Learning, etc. HOT-based chemistry learning Inquiry-based learning includes inquiry, structured, ...