This study aimed to describe the effects of guided inquiry based student worksheetin increasing classifying and questioning skills.This research used quasi experiment with non equivalence pretest-postest control group design. Population in this study was all students of X MIPA SMA YP UNILA Bandarlampung. The samples were X MIPA 8 as an experiment class and class X MIPA 2 as a control class which was obtained by purposive sampling. The result showed that n-gain average for increasing classifying skill in experiment class was higher (0.70) than control class (0.23),that n-gain average for increasing questioning skill in experiment class was higher (0.70) than control class (0.26). It confirmed that the guided inquiry based student worksheet is effective to improve students classifying and questioning skills.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis inkuiri terbimbing terhadap peningkatkan keterampilan mengelompokkan dan mengajukan pertanyaan. Penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen dengan rancangan non equivalence pretest-postes control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa X MIPA SMA YP UNILA Bandarlampung. Sampelnya adalah X MIPA 8 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol yang diperoleh secara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-gain untuk peningkatan keterampilan mengelompokkan dari kelas eksperimen lebih tinggi (0,70) dibandingkan kelas kontrol (0,23), rata-rata n-gain untuk peningkatan keterampilan mengajukan pertanyaan dari kelas eksperimen lebih tinggi (0,70) dibandingkan kontrol Kelas (0,26). Itu mengkonfirmasikan bahwa Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap peningkatkan kemampuan siswa dalam keterampilan mengelompokkan dan mengajukan pertanyaan.Kata kunci: inkuiri terbimbing, keterampilan mengelompokkan, keterampilan mengajukan pertanyaan, LKS
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017