JTEV (Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional
Vol 6, No 2 (2020): JTEV (Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional)

Efek Pembelajaran Creative Problem Solving Berbantuan Media Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di SMK Negeri 1 Pariaman

Fajri Fajri (Universitas Negeri Padang)
Usmeldi Usmeldi (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
16 May 2020

Abstract

Proses pembelajaran di SMKN 1 Pariaman masih terpusat pada pendidik dan dalam penyampaian materi pembelajaran pendidik hanya mengandalkan media papan tulis berbantuan bahan ajar seadanya, sehingga kurangnya partisipasi aktif siswa dan hasil belajar siswa banyak di bawah kriteria ketuntasan minimal. Oleh karena itu digunakanlah pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) berbantuan media interaktif  untuk mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan penelitian adalah untuk melihat seberapa besar efek dari model CPS berbantuan media interaktif  terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian pre experimental dengan desain one group pretest posttest serta subjeknya siswa kelas X TITL 3. Instrumen yang digunakan adalah soal tes berbentuk soal esay. Data di analisis menggunakan rumus effect size. Berdasarkan hasil penelitian model Creative Problem Solving memiliki efek yang besar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika di SMKN 1 Pariaman.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jtev

Publisher

Subject

Control & Systems Engineering Education Electrical & Electronics Engineering Energy Social Sciences

Description

JTEV (Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional) Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang ISSN 2302-3309. Published twice a year in March and July by the Department of Electrical Engineering, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang in one volume of the last two numbers. JTEV (Jurnal Teknik Elektro ...