JTEV (Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional
Vol 5, No 2 (2019): JTEV (Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional)

Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika

Helsi Mariska Putri (Unknown)
Hansi Effendi (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diberi model Guided Discovery Learning dengan siswa yang belajar secara konvensional pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika (DLE). Jenis penelitian ini  adalah penelitian eksperimen. Subjek penelitian ini siswa kelas X Teknik Ketenagalistrikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Pariaman yang terdaftar pada semester 2 tahun ajaran 2018/2019. Sampel penelitian yaitu kelas TOI sebagai kelas eksperimen dan TITL1  sebagai kelas kontrol. Data yang dikumpulkan berupa data hasil belajar siswa menggunakan soal objektif. Pengujian hipotesis diuji dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan analisis data diperoleh rata-rata nilai kelas eksperimen adalah 79,2 dan kelas kontrol 73 dengan simpangan baku 7,62 dan  8,7. Hasil uji hipotesis menunjukkan perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas ekperimen dengan kelas kontrol. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diberikan model guided discovery learning lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa yang tidak diberikan perlakuan. 

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jtev

Publisher

Subject

Control & Systems Engineering Education Electrical & Electronics Engineering Energy Social Sciences

Description

JTEV (Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional) Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang ISSN 2302-3309. Published twice a year in March and July by the Department of Electrical Engineering, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang in one volume of the last two numbers. JTEV (Jurnal Teknik Elektro ...