Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 3 No. 1 (2018)

Validitas Model Pembelajaran Conceptual Change Model With Cognitive Conflict Approach

Muh Makhrus (Program Studi Pendidikan Fisika, , Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram.)



Article Info

Publish Date
12 May 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji kevalidan model pembelajaran CCM CCA melalui kegiatan FGD (Focused Group Discussions). Desain  penelitian  yang  digunakan mengikuti  metode  Education Research  and  Development, yaitu pengembangan model dimulai dari mendesain model sampai implementasi model. Uji kevalidan model melalui kegiatan FGD dilaksanakan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) oleh dua (2) Dosen Pendidikan Sains Pogram Pascasarjana UNY sebagai validator ahli (expert) serta lima (5) Mahasiswa S3 Pendidikan Sains Universitas Negeri Surabaya (Dosen Pendidikan Fisika). Validasi model pembelajaran dengan metode FGD dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh masukan dan perbaikan terhadap model pembelajaran hipotetik yang telah dikembangkan oleh peneliti. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa model pembelajaran CCM CCA adalah model pembelajaran yang valid secara isi dan konstruk serta menunjukkan adanya kebutuhan (need), kebaruan (state of the art), memiliki landasan yang kuat, dan terdapat konsistensi antar komponen model.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...