Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 2 No. 2 (2017)

PENGARUH AKREDITASI SEKOLAH DAN KINERJA GURU TERHADAP MUTU PEMBELAJARAN SISWA SMP NEGERI DI KECAMATAN KOPANG

Zulnika Zulnika (Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2017

Abstract

Mutu pembelajaran siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain akreditasi sekolah dan kinerja guru. Dengan peringkat akreditasi yang baik dan kinerja guru baik diharapkan mutu belajar siswa akan semakin baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan dan menganalisis pengaruh akreditasi sekolah dan kinerja guru terhadap mutu pembelajaran siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah SMP Negeri di Kecamatan Kopang Kabupaten Lombok Tengah yang sudah diakreditasi dengan ukuran populasi sebesar 6 sekolah. Variabel yang dikaji dalam penelitian ini adalah akreditasi sekolah(X1), Kinerja guru (X2) dan Mutu Pembelajaran Siswa (Y). Metode pengumpulan data dengan menggunakan angket, Metode analisis data  dilakukan dengan analisis regresi sederhana, dan analisis regresi ganda.Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara akreditasi sekolah dan kinerja guru terhadap mutu pembelajaran siswa SMP Negeri Di Kecamatan Kopang.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...