Parenting school adalah pendekatan yang digunakan untuk berkomunikasi dan membekali orang tua dengan pengetahuan untuk mengenal pengasuhan anak dengan baik untuk membentuk karakter anak. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses penerapan parenting school, pelaksanaan parenting school terhadap sikap toleransi terhadap agama untuk membangun karakter, kendala dan solusi pelaksanaan parenting school. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif berdasarkan kualitatif. Pengumpulan data dengan metode anget, tujuan wawancara, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data transaksi adalah tampilan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Teknik data tidak dirusak dengan penggunaan triangulasi sumber, triangulasi teori, dan triangulasi teknik. Penelitian menunjukkan bahwa proses penerapan 1) sosialisai parenting school dimulai, presepsi emulatio, identifikasi pembelajaran, parenting school, dan materi yang akan disampaikan pada saat penerapan parenting school. 2) karakter agama sekolah parenting untuk membangun 1 siswa kelas dilakukan di sekolah dengan guru dan tim pemantauan pembiasaaan kemudian pulang dengan pemantauan orang tua muhasabah dan buku-buku. 3) kendala di sekolah pengasuhan adalah kurangnya kesadaran orang tua di sekolah telah membuat kegiatan sekolah pengasuhan serupa. 4) solusi dari pelakaksanaan parenting school orang tua lebih memperhatikan program yang dibuat oleh sekolah dan mengetahui tentang apa perilaku baru sebuah sekolah.
Copyrights © 2020