Al-Hayat: Journal of Islamic Education
Vol 4 No 1 (2020): Al-Hayat: Journal of Islamic Education

Discussing the Dialectics of Science on Islamic Education

Imam Muhayat (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jun 2020

Abstract

Judul di atas membahas tentang pemetakan ilmu sebagai jalan menuju kebenaran dan relasinya dengan pendidikan Islam. Domain utama dalam standar nasional pendidikan terletak pada pendidik dan kependidikan. Hal ini dapat dipahami karena kedua standar tersebut menyangkut bidang tugas dan tanggung jawab yang tak tergantikan oleh yang lain untuk memenuhi fungsinya. Sehingga produk pendidikan Islam berjalan pada rel keandalannya. Kualifikasi keandalan pendidikan Islam yang dimaksud adalah suksesnya institusi pendidikan Islam dapat berproses dengan baik mengelaborasi Islamisasi sains dan spiritualisasi human being. Di sana telah terdapat jalan panjang terbentang sedemikian rupa dan kokoh serta dapat diterima masyarakatnya. Misalnya pesantren yang sudah ada jauh hari sebelum kemerdekaan. Semua itu tidak lain dapat menjadi titik tolak penguatan sendi-sendi berbangsa dan bernegara, karena hakikat titik kulminasi pendidikan Islam adalah terbentuknya masyarakat madani. Dimana yang sedemikian itu telah menjadi branding pendidikan yang sudah tua itu, bervisi islamic society yang sejalan dengan konsep Islam rahmatan lilalamin.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

alhayat

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Hayat: Journal of Islamic Education: e-ISSN: 2599-3046 (online) and p-ISSN: 2657-1781 (print), is an international journal published by the LETIGES collaboration with the al-Hayat al-Istiqomah foundation, Asosiasi Pascasarjana Agama Islam Swasta Indonesia (APAISI) and Association of Muslim ...