Edukasi : Jurnal Penelitian dan Artikel Pendidikan
Vol 12 No 1 (2020)

PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK REINFORCEMENT POSITIF DAN SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR

Saputra, Yogie Wahyu Ari (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji bimbingan kelompok tentang teknik reinforcement positif dan self management untuk meningkatkan konsentrasi siswa. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII SMP N 8 Magelang. Penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 16 siswa dengan pembagian, 8 siswa sebagai kelompok eksperimen pertama, dan 8 siswa sebagai kelompok eksperimen kedua. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dari konsentrasi belajar. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis parametrik One Way Anova. Hasil Menunjukkan bahwa bimbingan kelompok pada teknik Reinforcement positif dan Self Management pada peningkatan konsentrasi siswa. Ini dapat dibuktikan dari hasil uji Anova pada kelompok eksperimen dengan nilai probabilitas Sig. 0,00 < 0,05 (2-Tailed). Berdasarkan hasil analisis terdapat perbedaan skor skala konsentrasi belajar, antara kelompok eksperimen pertama dan kelompok eksperimen kedua, hasilnya 23,49% lebih tinggi dari kelompok eksperimen dua yaitu 14,01%. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok teknik Reinforcement positif dan Self Management mampu meningkatkan konsentrasi siswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

edukasi

Publisher

Subject

Education

Description

Edukasi is a scientific journal Faculty of Teacher Training and Education Universitas Muhammadiyah Magelang. This Journal serves as a means of dissemination of scientific research results conducted by the academicians both from internal and external. Edukasi contains research results and theoretical ...