Penelitian ini bertujuan untuk menguji bimbingan kelompok tentang teknik reinforcement positif dan self management untuk meningkatkan konsentrasi siswa. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII SMP N 8 Magelang. Penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 16 siswa dengan pembagian, 8 siswa sebagai kelompok eksperimen pertama, dan 8 siswa sebagai kelompok eksperimen kedua. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dari konsentrasi belajar. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis parametrik One Way Anova. Hasil Menunjukkan bahwa bimbingan kelompok pada teknik Reinforcement positif dan Self Management pada peningkatan konsentrasi siswa. Ini dapat dibuktikan dari hasil uji Anova pada kelompok eksperimen dengan nilai probabilitas Sig. 0,00 < 0,05 (2-Tailed). Berdasarkan hasil analisis terdapat perbedaan skor skala konsentrasi belajar, antara kelompok eksperimen pertama dan kelompok eksperimen kedua, hasilnya 23,49% lebih tinggi dari kelompok eksperimen dua yaitu 14,01%. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok teknik Reinforcement positif dan Self Management mampu meningkatkan konsentrasi siswa.
Copyrights © 2020