Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi
Vol 4 No 1 (2020)

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERDASARKAN IDENTIFIKASI TUMBUHAN OBAT DESA CAHAYA NEGERI KABUPATEN REJANG LEBONG

M, Satria Nugeraha (Unknown)
Yennita, Yennita (Unknown)
Yani, Ariefa Primair (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 May 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan lembar kerja peserta didik (LKPD) yang dikembangkan berdasarkan studi identifikasi obat desa Cahaya Negeri Kabupaten Rejang Lebong berdasarkan uji validasi LKPD dan uji keterbacaan pada peserta didik kelas X MIA 2 SMAN 09 Rejang Lebong. Materi pelajaran yang dikembangkan dalam LKPD ini adalah materi keanekaragaman hayati Sub Bab manfaat keanekaragaman hayati sebagai bahan obat. Penelitian menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang telah dimodifikasi yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk LKPD, validasi desain, revisi desain dan uji keterbacaan. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi lapangan, lembar wawancara, lembar angket validasi. Berdasarkan penelitian diperoleh data bahwa terdapat 74 jenis tanaman obat yang terbagi menjadi 38 famili tanaman. Penggunaan LKPD dalam pembelajaran dikatakan “Layak” dengan hasil validasi rata-rata 92 % dengan kriteria “sangat valid” dan hasil uji keterbacaan mendapatkan rata-rata nilai 95% dengan kriteria ‘’sangat layak’’. Dapat disimpulkan bahwa LKPD dengan judul keanekaragaman jenis tumbuhan obat layak digunakan dalam pembelajaran.Kata Kunci : LKPD, Tumbuhan Obat, Uji Keterbacaan

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jppb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

This journal focuses on the publication of research results in the field of education and learning biology. Detailed scopes of articles accepted for submission to Diklabio are: 1. Classroom Action Research (CAR) 2. Lesson Study (LS) 3. Res earch and Development (R&D) 4. Curriculum in Biology ...