cover
Contact Name
Alif Yanuar Zukmadini
Contact Email
ayzukmadini@unib.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
ayzukmadini@unib.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi
Published by Universitas Bengkulu
ISSN : 25989634     EISSN : 25989669     DOI : -
This journal focuses on the publication of research results in the field of education and learning biology. Detailed scopes of articles accepted for submission to Diklabio are: 1. Classroom Action Research (CAR) 2. Lesson Study (LS) 3. Res earch and Development (R&D) 4. Curriculum in Biology Education 5. Learning Evaluation 6. Media and Learning Technology 7. Qualitative Research in the Field of Biological Education 8. Quantitative Research in the Field of Biological Education 9. Management of Biology Learning Laboratories 10. Research Trends in the Field of Education and other Biological Learning.
Arjuna Subject : -
Articles 233 Documents
ANALISIS KORELASI SIKAP ILMIAH DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA MELALUI MODEL PBL Aminah Tri Putri; Irdam Idrus; Yennita Yennita
Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi Vol 1 No 1 (2017)
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (900.42 KB) | DOI: 10.33369/diklabio.1.1.1-9

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya korelasi sikap ilmiah dan hasil belajar kognitif siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional dengan subyek penelitian adalah siswa pada kelas VII2 SMP N 4 Bengkulu yang berjumlah 33 orang. Sikap diukur menggunakan angket sikap ilmiah dan hasil belajar kognitif siswa diukur menggunakan tes tertulis dengan model PBL (problem based learning) pada materi saling ketergantungan antar komponen biotik. Data dianalisis dengan rata-rata, standar deviasi, dan persentasenya serta korelasinya diuji menggunakan program SPSS versi 22.0. Berdasarkan perhitungan didapatkan rata-rata skor sikap ilmiah siswa sebesar 48,5 dengan standar deviasi yaitu 0,25 dan termasuk kategori sikap ilmiah sangat baik. Rata-rata skor hasil belajar kognitif siswa adalah 3,16 dengan standar deviasi 0,262 dan termasuk kategori hasil belajar kognitif sangat baik. Jika dibandingkan dengan ?=0,05, nilai signifikansi lebih kecil daripada nilai ?, yaitu 0,005?0,05. Artinya, ada korelasi yang signifikan antara sikap ilmiah dan hasil belajar kognitif dan H0 ditolak. Sehingga disimpulkan bahwa sikap ilmiah berkorelasi dengan hasil belajar kognitif siswa kelas VII2 SMP N 4 Bengkulu pada pembelajaran IPA Biologi dengan model Problem Based Learning, dan angka indeks korelasi yaitu 0,482 yang menunjukkan korelasi searah dengan tingkat hubungan tergolong sedang.Kata kunci: hasil belajar kognitif, model PBL (Problem Based Learning), sikap ilmiah 
PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BIOLOGI SISWA SMP Ulvia Fitriani; Bhakti Karyadi; Irwandi Ansori
Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi Vol 1 No 1 (2017)
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (846.937 KB) | DOI: 10.33369/diklabio.1.1.82-90

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas mengajar guru dan meningkatkan pemahaman konsep siswa Kelas VIIF SMPN 11 Kota Bengkulu melalui penerapan model discovery learning pada materi Pencemaran Lingkungan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan metode deskriptif yang terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu : tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIIF SMPN 11 Kota Bengkulu. Teknik penentuan sampel yang digunakan yaitu convenience sampling. Variabel penelitian ini adalah model discovery learning, aktivitas mengajar guru dan pemahaman konsep siswa. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi dan tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisa deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh skor rata-rata aktivitas guru pada siklus I yaitu 21 (Baik), dan pada siklus II skor aktivitas guru meningkat menjadi 23,5 (Baik). Adapun persentase ketuntasan pemahaman konsep siswa pada siklus I yang termasuk ke dalam kriteria belum tuntas yaitu 55,6% dan pada siklus II persentase ketuntasan pemahaman konsep siswa mengalami peningkatan menjadi 76,7% dan termasuk dalam kriteria tuntas. Kesimpulan dari hasil penelitian bahwa model discovery learning dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa Kelas VIIF SMPN 11 Kota Bengkulu.Kata Kunci: discovery learning, pemahaman konsep, pencemaran lingkungan
PENGEMBANGAN BUKU SAKU BERDASARKAN HASIL EKSPLORASI TANAMAN OBAT SUKU Windayani, Windayani; Kasrina, Kasrina; Ansori, Irwandi
Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi Vol 2 No 1 (2018)
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (690.838 KB) | DOI: 10.33369/diklabio.2.1.51-57

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan desain buku saku Biologi materi Plantae SMA kelas X berdasarkan hasil eksplorasi tanaman obat Suku Rejang di Desa Pulo Geto dan Desa Pulo Geto Baru  Kecamatan Merigi Kabupaten Kepahiang. Tahapan penelitian ini adalah (1) Potensi dan masalah, (2) Pengumpulan data, (3) Desain produk, (4) Validasi produk, (5) Revisi desain, (6) Uji keterbacaan, dan (7) revisi desain. Hasil penelitian diperoleh 72 jenis, 32 suku tumbuhan obat yang dimanfaatkan. Suku yang paling banyak dimanfaatkan adalah Zingiberaceae dan Cucurbitaceae. Uji kelayakan bahan ajar berupa buku saku oleh 3 ahli termasuk dalam “Sangat Baik” dengan persentase keidealan keseluruhan yaitu 89,6%. Hasil respon dari 20 siswa terhadap  buku saku termasuk dalam “Sangat Baik” dengan persentase keidealan keseluruhan yaitu 90,7%. Desain buku saku berdasarkan uji kelayakan dan keterbacaan terdiri dari: 1) Sampul depan; 2) Kata pengantar; 3) Daftar isi; 4) KI, KD, Materi Pokok, Indikator dan Tujuan Pembelajaran; 5) Bagian pendahuluan; 6) Bagian isi ; 8) Latihan Soal; 9) Kunci Jawaban; 10) Bagian penutup terdiri dari: Glosarium, Daftar Pustaka, dan Tentang penulis.Kata Kunci : Etnobotani, Penelitian dan Pengembangan, Buku Saku
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA Dio Agung Kurniawan; Yennita Yennita; Irdam Idrus
Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi Vol 1 No 1 (2017)
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (850.618 KB) | DOI: 10.33369/diklabio.1.1.22-27

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dikelas VIIIE SMPN 2 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah PTK dengan metode deskriptif. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan seluruh siswa kelas VIIIE SMPN 2 Kota Bengkulu. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar tes.Pada siklus I aktivitas mengajar guru diperoleh skor rata-rata yaitu 29 (Baik) dan pada siklus II skor aktivitas guru menjadi 31 (Baik). Pada siklus I aktivitas belajar siswa diperoleh skor rata-rata yaitu 25 (Baik) dan pada siklus II skor aktivitas belajar siswa menjadi 29,5 (Baik). Hasil analisis persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I yaitu 77,78% (tidak tuntas) dan pada siklus II meningkat menjadi 86,11% (tuntas). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model PBM dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar siswa kelas VIIIE SMPN 2 Kota Bengkulu.Kata kunci: PBM, Aktivitas, Hasil Belajar
STUDI KEANEKARAGAMAN JENIS BAMBU DI DESA TANJUNG TERDANA BENGKULU TENGAH Hastuti, Resti Weni; Yani, Ariefa Primair; Ansori, Irwandi
Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi Vol 2 No 1 (2018)
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (616.019 KB) | DOI: 10.33369/diklabio.2.1.96-102

Abstract

Tumbuhan bambu merupakan tumbuhan yang memiliki banyak manfaat. Hal ini terlihat dari masih banyak ditemukannya tumbuhan ini di kehidupan sehari-hari. Penelitian  mengenai studi keanekaragaman bambu ini dilakukan di Desa Tanjung Terdana Kabupaten Bengkulu Tengah, yang bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman tumbuhan bambu di Desa Tanjung Terdana Bengkulu Tengah. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode jelajah. Pencatatan langsung di lapangan dilakukan untuk banyak rumpun, keterangan botani, nama daerah, dan data ekologi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, ditemukan 4 marga bambu dengan 8 jenis yaitu Gigantochloa pseudoarundinaceae, Bambusa multiplex, Dendrocalamus asper, Gigantochloa serik, Gigantochloa robusta, Schyzotyum lima, Bambusa vulgaris var.vulgaris, dan Gigantochloa apus.Kata Kunci : keanekaragaman jenis, bambu, desa Tanjung Terdana
PENGEMBANGAN BUKU SAKU TUMBUHAN PAKU BERDASARKAN IDENTIFIKASI PTERIDOPHYTA DI SEKITAR DANAU DENDAM KOTA BENGKULU Slavia, Hanum; Kasrina, Kasrina; Ansori, Irwandi
Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi Vol 2 No 1 (2018)
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (870.218 KB) | DOI: 10.33369/diklabio.2.1.21-26

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat buku saku tumbuhan paku berdasarkan hasil identifikasi keanekaragaman jenis tumbuhan paku di sekitar Danau Dendam Kota Bengkulu. Jenis penelitian adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan tahapan (1) Identifikasi potensi dan masalah, (2) Pengumpulan informasi, (3) Desain produk, (4) Validasi produk, (5) Revisi desain, (6) Uji keterbacaan, dan (7) Revisi produk. Data penelitian dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil identifikasi diperoleh 8 spesies tumbuhan paku yang tergabung dalam tujuh genus, empat famili dan tiga ordo. Hasil keragaman tumbuhan paku yang diperoleh kemudian dijadikan bahan ajar berupa buku saku tumbuhan paku. Validasi uji kelayakan buku saku dilakukan oleh tiga dosen dan 1 orang guru Biologi. Hasil validasi menunjukkan buku saku termasuk dalam kategori “Sangat Baik” dengan persentase keidealan keseluruhan sebesar 88.25%. Hasil respon dari 20 siswa terhadap  buku saku termasuk dalam “Sangat Baik” dengan persentase keidealan keseluruhan yaitu 91.37%.Kata Kunci: Penelitian dan Pengembangan, Tumbuhan Paku, Buku Saku
PENGEMBANGAN LKS BIOLOGI PADA SISWA KELAS X SMAN 1 BENGKULU BERDASARKAN HASIL STUDI PEMANFAATAN TANAMAN OBAT DI RT.08 SUKAMERINDU KOTA BENGKULU Aprianti Suhidi; Kasrina Kasrina; Sri Irawati
Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi Vol 1 No 1 (2017)
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (953.357 KB) | DOI: 10.33369/diklabio.1.1.10-14

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keanekaragaman hayati tingkat spesies tanaman obat di Kelurahan Sukamerindu Kota Bengkulu, dan kelayakan LKS  kelas X SMAN 1 Kota Bengkulu terhadap  LKS hasil pengembangan pada pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah Borg and Gall. Penelitian tanaman obat ini dilakukan selama 2 bulan yaitu dari bulan April 2017 sampai Mei 2017 di Kelurahan Sukamerindu Bengkulu dan uji coba LKS dilakukan di kelas X SMAN 1  Kota Bengkulu. LKS Keanekaragaman hayati jenis tanaman obat dinyatakan sangat valid dan layak untuk diterapkan dalam pembelajaran. Organ dari tanaman obat yang bermanfaat sebagai obat bagi masyarakat Kelurahan Sukamerindu adalah daun, buah, akar, umni, rimpang, batang, bunga, getah, dan biji. Pemanfaatan yang paling banyak adalah daun dengan persentase pemakaian 40 jenis tanaman sebesar 43,8%. Jenis tanaman di pekarangan yang bermanfaat sebagai obat bagi masyarakat Kelurahan sukamerindu diperoleh 54 jenis tanaman dari 33 famili yang paling banyak dimanfaatkan adalah Zingiberaceae.Kata kunci : Lembar Kerja Siswa (LKS), Tanaman Obat, Keanekaragaman Hayati, Metode Borg and Gall.
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN KEMAMPUAN MENALAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR 5E Presilia Aditya Perta; Irwandi Ansori; Bhakti Karyadi
Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi Vol 1 No 1 (2017)
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (867.844 KB) | DOI: 10.33369/diklabio.1.1.72-81

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan kemampuan menalar siswa kelas XI IPA 1 SMAN 1 Kota Bengkulu melalui model pembelajaran Siklus Belajar 5E. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian tindakan kelas dengan metode deskriptif. Penelitian terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 SMAN 1 Kota Bengkulu tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 31 orang. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi aktivitas siswa, dan lembar tes kemampuan menalar siswa. Analisis data dilakukan secara deskriptif dengan menghitung rerata skor dan menentukan kriteria aktivitas dan kemampuan menalar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata skor aktivitas siswa pada siklus I sebesar 2,9 (Baik), dan pada siklus II meningkat menjadi 3,0 (Baik). Rerata skor kemampuan menalar siswa pada siklus I yaitu 76,41 (Cukup), dan pada siklus II meningkat menjadi 85,48 (Baik). Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah penerapan model Siklus Belajar 5E dapat meningkatkan aktivitas dan kemampuan menalar siswa kelas XI IPA 1 SMAN 1 Kota Bengkulu pada materi Sistem Ekskresi.Kata Kunci: aktivitas siswa, kemampuan menalar, model siklus belajar 5E
PENINGKATAN SIKAP ILMIAH DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING Aprilianti, Luthfy; Irawati, Sri; Kasrina, Kasrina
Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi Vol 2 No 1 (2018)
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (756.57 KB) | DOI: 10.33369/diklabio.2.1.58-67

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru serta meningkatkan sikap ilmiah dan hasil belajar dengan menerapkan model problem based learning pada materi sistem pencemaran lingkungan di kelas VIIB SMPN 11 Kota Bengkulu. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VIIB SMPN 11 Kota Bengkulu tahun ajaran 2016/2017. Variabel penelitian ini adalah model problem based learning, sikap ilmiah, dan hasil belajar. Instrumen penelitian berupa lembar observasi untuk mengetahui aktivitas guru dan sikap ilmiah, sedangkan lembar tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar. Hasil analisis data observasi aktivitas guru siklus I diperoleh skor rata-rata 24 (baik), dan di siklus II 28 (baik). Hasil analisis data observasi sikap ilmiah siswa siklus I diperoleh skor rata-rata 17,71 (cukup), siklus II menjadi 20,74 (baik). Pada hasil belajar kompetensi pengetahuan siklus I mendapatkan persentase 66,66%, siklus II menjadi 84,85%, pada hasil belajar kompetensi sikap siklus I mendapatkan persentase 69,69%, siklus II menjadi 100%, pada hasil belajar kompetensi keterampilan siklus I mendapatkan persentase 81,81%, siklus II menjadi 100%. Disimpulkan bahwa model problem based learning dapat meningkatkan sikap ilmiah dan hasil belajar siswa kelas VIIB SMPN 11Kota Bengkulu.Kata kunci: Problem Based Learning, Sikap Ilmiah
PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MACTH DENGAN MEDIA KARTU QA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SMP Nurohma, Siti; Karyadi, Bhakti; Irawati, Sri
Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi Vol 2 No 1 (2018)
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (798.538 KB) | DOI: 10.33369/diklabio.2.1.1-4

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran, serta hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif  tipe make a match menggunakan media kartu QA. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan metode deskriptif. Penelitian direncanakan dua siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru dan seluruh siswa kelas VIIB MTs Ja-alHaq Kota Bengkulu. Variabel dalam penelitian ini adalah model kooperatif tipe make a match, kartu QA, aktivitas guru dan siswa, serta hasil belajar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi serta lembar tes. Hasil analisis data observasi aktivitas guru pada siklus I diperoleh skor rata-rata 2,78 (Cukup), dan siklus II menjadi 3 (Baik). Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I diperoleh 2,42 (Cukup), dan siklus II menjadi 3 (Baik). Ketuntasan hasil belajar klasikal siswa pada siklus I yaitu  65,51%, dan pada siklus II meningkat menjadi 89,65%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah, model pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan media kartu QA (Question answer) dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa serta hasil belajar siswa IPA Kelas VIIB MTs Ja-alHaq Kota Bengkulu.Kata kunci : Kooperatif Tipe Make a Match, kartu QA, Aktivitas Guru dan Siswa, Hasil Belajar

Page 1 of 24 | Total Record : 233