Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus
Vol 4 No 1 (2020): April 2020

Pembentukan Perilaku Agresif Melalui Token Ekonomi

Sirait, Imelda Kristinafany (Unknown)
Sabila, Putri (Unknown)
Antony, Danang Putra (Unknown)
Fadil, Rabbiul (Unknown)
Utami, Silvya Dwi (Unknown)
Safaruddin, Safaruddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2020

Abstract

Peneliti mengunakan token ekonomi untuk mengetahui pengaruh metode tersebut dalam mengurangi perilaku agresif peserta didik serta membentuk perilaku positif , penelitian ini dilakukan pada anak kelas 3 SD di SDN 13 Seberang Padang, subyek dalam penelitian ini sering melakukan perilaku agresif, yaitu berkelahi dan perilaku tersebut dilakukan secara berulang-ulang, bahkan dalam seminggu subyek hampir setiap hari berkelahi. Berdasarkan hasil wawancara dari wali kelas, subyek sering memicu perkelahian terlebih dulu dengan temannya atau mencari masalah untuk menimbulkan perkelahian. Peneliti menggunakan metode penelitian Model SSR, dan untuk memodifikasi perilaku tersebut, peneliti menggunakan token ekonomi berupa star poin, semula pemberian star point melibatkan peserta didik, namun terjadi kecemburuan sosial dan akhirnya peneliti memutuskan untuk pemberian penilaian star point hanya berfokus pada penilaian wali kelas dan tidak lagi melibatkan peserta didik. Untuk melihat hasil keefektifan dari star point, hasil penelitian menunjukkan perilaku agresif pada subyek berhasil diubah menggunakan token ekonomi. Perilaku berkelahi subyek sudah mulai berkurang bahwa dalam seminggu si subyek tidak menunjukkan perilaku agresif.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpkk

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus merupakan jurnal yang diterbitkan oleh jurusan Pendidikan Luar Biasa FIP UNP sebagai sarana publikasi ilmiah di bidang Pendidikan Kebutuhan Khusus. Jurnal akan terbit dua kali dalam satu tahun (bulan April dan November). Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus ...