Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak
Vol 4, No 2 (2018): Juli 2018

STRATEGI PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI BERBASIS KECERDASAN INTERPERSONAL

Putri Rahmi (Dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2018

Abstract

Selama ini terjadi penyempitan makna kecerdasan dimana kecerdasan hanya diartikan pada kemampuan intelektual. Kenyataannya kata kecerdasan tidak hanya terbatas pada kemampuan intelual semata namun terdapat sembilan kecerdasan majemuk pada manusia yaitu kecerdasan verbal-linguistik, kecerdasan logis-matematis, kecerdasan visual-spasial, kecerdasan berirama-musik, kecerdasan kinestetik, kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal, dan kecerdasan naturalis. Artikel ini membahas tentang kegiatan pembelajaran pada dengan berlandaskan kecerdasan interpersonal dengan memperhatikan tiga dimensi utama pada kecerdasan interpersonal, yaitu: social sensitivity social insight, dan social communication. Beberapa strategi pembelajaran yang dapat mengembangkan kecerdasan interpersonal pada anak, yaitu jigsaw, tutor sebaya, teamwork, patung orang, board game dan simulasi.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

bunayya

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Bunayya (Jurnal Pendidikan Anak) Terbit 6 bulan sekali (Januari dan Juli) sudah dimulai sejak juni 2015, diterbitkan oleh program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Jurnal ini diharapkan sebagai media bagi dosen, peneliti, ...