ENSAINS JOURNAL
Vol 3, No 2 (2020): ENSAINS Journal Mei 2020

PEMETAAN BUDAYA ORGANISASI BERBASIS KESENJANGAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP DESAIN BUDAYA ORGANISASI STUDI PADA PT. IMORA MOTOR

Angela Teressia Sioedjianto (Universitas Katolik Parahyangan)
Sapta Dwikardana (Universitas Katolik Parahyangan)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2020

Abstract

Abstract:. The automotive industry has an important role in the Indonesian economy and is a hypercompetitive industry. Awareness of change is an important factor so that the company is always ready to respond to environmental dynamics appropriately. Internally, organizational culture is an important thing that can support a company to achieve its goals amid the changing business environment. This study aims to map the gap between the ideal organizational culture according to the vision and core business, compared with the culture that is perceived and expected by the employees of PT. Imora Motor as one of the main dealers of Honda car products in Indonesia. This research uses descriptive method by describing employee perceptions about current culture and expected culture in the future by using the Organizational Culture Assessment Instrument (OCAI). Quantitative data in the study were obtained through survey methods with a total of 495 respondents. The analytical method used in this study is the concept of Competing Values Framewor. The results of this study found a gap between the ideal culture profile and the current culture, especially for the hierarchy and market culture. The results of this study can be used as a basis for designing organizational culture that is believed to help organizations achieve their goals. Keyword: organization culture, organization culture mapping, OCAI Abstrak: Industri otomotif memiliki peran yang penting dalam perekonomian Indonesia dan merupakan industri yang hiperkompetitif. Kesadaran akan perubahan menjadi faktor penting agar perusahaan selalu siap merespon dinamika lingkungan dengan tepat. Secara internal, budaya organisasi merupakan hal penting yang dapat mendukung perusahaan untuk mencapai tujuan di tengah perubahan lingkungan bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk memetakan kesenjangan antara budaya organisasi yang ideal menurut visi dan core business, dibandingkan dengan budaya yang dipersepsi dan yang diharapkan oleh karyawan PT. Imora Motor sebagai dealer utama dari produk mobil Honda di Jabodatabek. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menggambarkan persepsi karyawan mengenai budaya yang saat ini mereka rasakan dan apa yang mereka harapkan sebagai budaya ideal di masa depan menggunakan Organizational Culture Assessment Instrument (OCAI). Pengambilan data kuantitatif dalam penelitian menggunakan metode survei dengan total responden sebanyak 495 orang. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini menggunakan konsep Competing Values Framework dan hasil dari penelitian ini ditemukan adanya kesenjangan antara profil budaya ideal dengan budaya saat ini, terutama pada skor tipe hirarki dan pasar. Hasil penelitian ini dapat dijadikan dasar untuk mendesain budaya organisasi yang diyakini dapat membantu organisasi dalam mencapai tujuannya. Kata Kunci: budaya organisasi, pemetaan budaya organisasi, OCAI.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ensains

Publisher

Subject

Arts Humanities Computer Science & IT Engineering Environmental Science Social Sciences

Description

ENSAINS JOURNAL merupakan media penyebarluasan informasi hasil pemikiran dari peneliti dan praktisi yang memuat seluruh bidang penelitian yang bersifat umum. Jurnal ini diterbitkan Tiga kali dalam setahun oleh LPPM UNIVERSITAS KEBANGSAAN. ...