Masih ditemui beberapa anak yang mengalami kesulitan dalam mengikuti program pembiasaan di Taman Kanak Kanak. Misalnya masih ada anak yang belum terbiasa melakukan bersalaman (berjabat tangan) pada saat bertemu dengan gurunya. Ada anak yang kurang peduli / tidak mau melakukan kegiatan di kelas sesuai dengan aturan yang ditetapkan gurunya. Ada anak yang tidak mau /tidak peduli untuk membantu teman yang sedang memerlukan bantuan, dan sebagainya. Padahal pembentukan sikap atau perilaku untuk anak usia dini melalui program pembiasaan. Program pembiasaan merupakan proses pembentukan sikap atau perilaku yang relatif menetap dan bersifat otomatis, serta melalui proses pembelajaran yang berulang ulang dilakukan setiap hari di sekolah. Bertolak dari kondisi tersebut maka kesulitan atau masalah dalam program pembiasaan perlu diteliti. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tayangan audiovisual terhadap program pembiasaan, khususnya dalam upaya peningkatan hasil program pembiasaan untuk anak usia dini. Penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen dengan rancangan treatmen by subject untuk menganalisis perbedaan sebuah penelitian eksperimen yang terjadi dalam one group desain. Pola penelitiannya dengan pola pre tes - tindakan - pos tes, terhadap penggunaan media pembelajaran Audio Visual . Sedang pengumpulan datanya menggunakan tes perbuatan dan , observasi . Metode analisa data yang digunakan adalah analisa statistik uji - t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan tayangan audio visual yang bisa dilihat, bisa ditiru, bisa dirasa dan bisa didengar sangat efektif dalam meningkatkan program pembiasaan untuk anak usia dini. Kata Kunci : Program Pembiasaan , Media Audio Visual
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2016