JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 4 No. 1 (2020): April 2020

ANALISIS PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE COLLEGE BOWL TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SOSIOLOGI

Wahyuni, Yanti Sri (Unknown)
Aprilia, Dedet (Unknown)
Rahayu, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas pembelajaran sosiologi siswa kelas XI SMAN 1 Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan. Ini terlihat oleh para peneliti ketika melakukan pengamatan pada Agustus 2019 dalam satu pertemuan. Dilihat dari proses pembelajaran, pendidik yang sama dan kelas yang berbeda. Proses penerapan strategi kurang menarik. Dengan ini dapat dilihat bahwa kegiatan belajar sosiologi siswa rendah. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk melihat kegiatan pembelajaran sosiologi siswa dengan penerapan strategi pembelajaran aktif dalam jenis College Bowl. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori behavioris menurut Watson. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan total sampel 32 siswa. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan lembar observasi aktivitas siswa dalam pembelajaran sosiologi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa aktivitas siswa dalam proses pembelajaran sosiologi lebih baik di kelas XI IPS3 SMAN 1 Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan. Dalam dua dan tiga pengamatan pertama, ada peningkatan persentase semua indikator kegiatan pembelajaran sosiologi siswa mulai dari pengamatan hari pertama 312,48%, pengamatan hari kedua 368,74% dan pengamatan hari ketiga 428,12%.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...