Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 4, No 2 (2020): Juli 2020

ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB MATA PELAJARAN ADMINISTRASI INFRASTRUKTUR JARINGAN

Azmi, Rahmi Anita (Unknown)
Rukun, Kasman (Unknown)
Maksum, Hasan (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran berbasis web pada mata pelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan. Hasil penelitian ini untuk mengetahui respon siswa dan guru terhadap kebutuhan pengembangan media pembelajaran berbasis web ini. Implikasi penelitian ini pada siswa atau guru untuk mengubah pola pengajaran sesuai kurikulum saat ini. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode survei dalam mengidentifikasi kebutuhan siswa dan guru dalam pembelajaran. Dalam penelitian ini, analisis kebutuhan mengacu pada pencapaian hasil belajar siswa, kegunaan dan masalah yang dihadapi siswa dalam penggunaan media pembelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan serta perumusan media yang dibutuhkan dalam pembelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan. Subjek penelitian ini adalah 31 orang siswa TKJ dan 2 orang guru mata pelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan di SMKN 1 Sintuk Toboh Gadang. Data diperoleh dengan menggunakan angket kuesioner dan dianalisis kemudian membuat kesimpulan berdasarkan interpretasi hasil analisis. Hasil penelitian menunjukan bahwa; 1) Masih banyak siswa yang nilai pembelajarannya dibawah KKM sebesar 61,29%, 2) Keterbatasan penggunaan media pembelajaran untuk mendukung pembelajaran mandiri, 3) Media yang perlu dikembangkan untuk pembelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan adalah media pembelajaran berbasis web (e-learning) untuk mendukung pembelajaran mandiri.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JIPP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...