International Journal of Social Science and Business
Vol 4, No 2 (2020)

STRATEGI PEMASARAN BERDASARKAN ANALISIS SWOT PADA MINI MARKET DI MUTIARA MART ROWOTENGAH JEMBER

F., Reza (Unknown)
Santoso, Budi (Unknown)
Dewi, Eka (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, ancaman, untuk menyusun IFAS (Internal Factor Analysis Summary) dan EFAS (Eksternal Factor Analysis Summary). Penelitian ini merupakan jenis kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode analisis SWOT yaitu analisis yang mengidentifikasi faktor internal dan eksternal perusahaan. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara,kepada Informan Kunci dan Informan Utama Mutiara Mart Rowotengah Jember. Hasil Matrik IE didapatkan posisi Mutiara Mart Rowotengah Jember yaitu berada pada kuadran IV yang bertanda asterisk (3,05:2,6). yang berarti pada strategi stabilitas, strategi yang diterapkan meningkatkan kualitas produk, memepertahankan harga dan ketersediaan produk yang ada, mengembangkan promosi dengan memanfaatkan teknologi yang lebih canggih. Hasil dari Matrik SWOT Mutiara Mart ini mempunyai strategi pertama yaitu strategi S-O dimana strategi ini memanfaatkan kekuatan perusahaan untuk meraih peluang yang ada pada lingkungan luar, guna memperoleh keuntungan bagi perusahaan, berikut beberapa strateginya, kelengkapan produk tetap dijaga, memanfaatkan lokasi yang strategis untuk membuka cabang serta menarik konsumen, meningkatkan kualitas pelayanan

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

IJSSB

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

International Journal of Social Science and Business (IJSSB) is an open access, peer-reviewed and refereed journal published by Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha), Indonesia. The main objective of IJSSB is to provide an intellectual platform for the international scholars. IJSSB aims to ...