Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar
Vol 4, No 1 (2020): February 2020

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI ORGAN PEREDARAN DARAH DAN FUNGSINYA

Sulhan, Sulhan (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Feb 2020

Abstract

Setelah dilakukan observasi dan evaluasi dalam pembelajaran yang hasilnya digunakan sebagai bahan refleksi atas apa yang terjadi pada mata pelajaran IPA kelas V meteri Organ peredaran darah dan fungsinya diketahui ketidakberhasilan mencapai standar keberhasilan yang ditetapkan sebesar 75,00 serta adanya ketidakaktifan dan ketidakpahaman siswa pada konsep Organ peredaran darah dan fungsinya sehingga diperlukan adanya perbaikan pembelajaran. Metode eksperimen PTK diberikan untuk memberi kesempatan kepada peserta didik agar dapat mengalami sendiri atau melakukan sendiri, mengikuti suatu proses, mengamati suatu objek, menganalisis, membuktikan dan menarik kesimpulan sendiri tentang suatu objek, keadaan atau proses sesuatu dan diharapkan mampu memperbaiki hasil pembelajaran. Secara umum hasil Penelitian Tindakan Kelas meningkatkan pemahaman tentang Organ peredaran darah dan fungsinya dalam kegiatan belajar mengajar (KBM) mata pelajaran IPA pada kelas V SDN Candiwatu Kec. Pacet Kab. Mojokerto,   dengan mengoptimalkan penggunaan metode Make a Macth sebagai alternatif strategi  pembelajaran. Dari analisis data nilai hasil evaluasi siklus II jika dibanding dengan siklus I terdapat kenaikan yang sangat berarti. Pada siklus I dari 23 siswa diperoleh nilai rata-rata kelas 65.5, nilai 70 keatas dengan 17 siswa atau 60%, siswa mendapat nilai dibawah 60 dan 6 siswa atau 40%,  sedangkan pada siklus II dari 23 siswa diperoleh nilai rata-rata kelas 8,8 dengan 21 siswa nilai 70  keatas atau 95% siswa mendapat nilai 60 hanya 2 siswa atau 5%, maka pelaksanaan siklus II telah berhasil meningkatkan prestasi belajar Organ peredaran darah dan fungsinya di SDN Candiwatu Kec. Pacet Kab. Mojokerto dengan standar keberhasilan 75,00. Hal ini menunjukkan bahwa metode Make a Macth yang digunakan peneliti terbukti dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Candiwatu Pacet Kab. Mojokerto Tahun Pelajaran 2018/2019.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JISD

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar (JISD) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan ganesha. Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian dan hasil pengabdian masyarakat dibidang pendidikan dan ...