Mimbar Ilmu
Vol 25, No 2 (2020)

Kolaborasi Teknik Picture and Picture dan Make A Match Bersetting Lesson Study Terhadap Hasil Belajar

Paramita, Ni Made Nia Widiya (Unknown)
Dharsana, I Ketut (Unknown)
Tegeh, I Made (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2020

Abstract

Penelitian dengan permasalahan rendahnya hasil belajar tematik maka, bertujuan untuk mengetahui efektivitas kooperatif teknik Picture and Picture dan teknik Make a Match dalam Setting Lesson Study terkait pembelajaran tematik kelas III SD. Penelitian ini merupakan jenis eksperimen semu melalui tata cara penelitian desain RCTs. Populasi yang digunakan yakni siswa kelas III A sejumlah 28 orang. Populasi untuk kelompok eksperimen kelas III A berjumlah 14 orang yang diberikan perlakuan menggunakan teknik picture and picture dan teknik make a match dan 14 orang kelas III A sebagai kelompok kontrol. Pemerolehan data tematik siswa dikumpulkan mempergunakan perangkat tes berbentuk pilihan ganda sebanyak 30 soal. Data yang telah terkumul kemudian dianalisis mempergunakan statistik deskriptif dan Independen Sample t-test. Berdasarkkan penelitian, rata-rata belajar pendekatan tematik siswa kelompok eksperimen  = 23. Serta setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan SPSS 25.00 for Windows pada tabel keputusan diperoleh nilai Sig. (2-tailed) = 0,043 artinya nilai signifikansi (2-tailed) < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh signifikan pada eksperimen setelah diajarkan melalui teknik picture and picture dan teknik make a match dalam setting lesson study dengan kelompok kontrol yang dibelajaran guru seperti biasa pada hasil belajar siswa. Dengan demikian disimpulan bahwa teori konstruktivis model pembelajaran dengan kolaborasi teknik picture and picture dan make a match bersetting lesson study efektif terhadap hasil belajar tematik siswa kelas III A Sekolah Dasar dapat ditingkatkan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

MI

Publisher

Subject

Education

Description

Mimbar Ilmu is published by Research and Community Service Institution Universitas Pendidikan Ganesha. Mimbar Ilmu aims at becoming the publication center of education researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational ...