Mimbar Ilmu
Vol 25, No 2 (2020)

Korelasi Antara Gaya Belajar dengan Hasil Belajar IPA

Prabanitha, Made Indah (Unknown)
Sudarma, I Komang (Unknown)
Dibia, I Ketut (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2020

Abstract

Hasil belajar IPA siswa di kelas IV dapat dikatakan bervariasi. Hal tersebut dikarenakan gaya belajar yang dimiliki siswa berbeda-beda dan kurangnya peran aktif siswa saat proses pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik dengan hasil belajar IPA siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian expost facto. Populasi penelitian ini berjumlah 159 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik proporsional random sampling dengan jumlah sampel 132 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan, yaitu kuisioner/angket dan pencatatan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat korelasi positif dan signifikan antara gaya belajar visual dengan hasil belajar IPA dengan nilai rxy 0,928 dan kotribusi sebesar 86%; (2) terdapat korelasi positif dan signifikan antara gaya belajar auditorial dengan hasil belajar IPA dengan nilai rxy 0,781 dan kontribusi sebesar 61%; dan (3) terdapat korelasi positif dan signifikan antara gaya belajar kinestetik dengan hasil belajar IPA dengan nilai rxy 0,598 dan kontribusi sebesar 33%. Jadi, terdapat korelasi positif dan signifikan antara gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik dengan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

MI

Publisher

Subject

Education

Description

Mimbar Ilmu is published by Research and Community Service Institution Universitas Pendidikan Ganesha. Mimbar Ilmu aims at becoming the publication center of education researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational ...