Jambura Journal of Educational Chemistry
Vol 2, No 1 (2020): Februari

Penerapan Model Quantum Learning Sebagai Upaya Menurunkan Kejenuhan Belajar Siswa Dalam Mempelajari Kimia

Lilis Lisnawati (State Islamic University of Syarif Hidayatullah Jakarta)
Siti Suryaningsih (State Islamic University of Syarif Hidayatullah Jakarta)
Buchori Muslim (State Islamic University of Syarif Hidayatullah Jakarta)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2020

Abstract

Siswa pada umumnya mengalami kejenuhan pada pembelajaran kimia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model quantum learning sebagai upaya menurunkan kejenuhan belajar siswa dalam mempelajari kimia. Penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperiment menggunakan desain matching pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di salah satu Sekolah Menengah Atas Swasta. Sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data mempergunakan teknik non tes, instrumen berupa kuesioner kejenuhan belajar. Teknik analisis data menggunakan SPSS versi 20. Hasil uji hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney dari data N-gain yaitu sig.(2-tailed) = 0,093 / 2 = 0.0465 < 0,05 atau H0 ditolak. Hal tersebut menunjukkan bahwa penerapan model quantum learning berperan sebagai upaya menurunkan kejenuhan belajar siswa dalam mempelajari kimia. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai rekomendasi bagi para guru untuk diterapkan dalam kegiatan pembelajaran kimia di sekolah yang dapat menurunkan kejenuhan belajar siswa dalam mata pelajaran kimia.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jjec

Publisher

Subject

Chemistry Education Other

Description

The Journal of Educational Chemistry (JJEC) is the official journal of Chemistry Department, Faculty Mathematic and Natural Science, Gorontalo State University. JJEC is peer-reviewed articles publish articles twice a year in February and August. JJEC typically addresses chemical content, chemical ...