Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gaya belajar siswa pada mata pelajaran Biologi kelas MIPA di salah satu SMA Swasta Tasikmalaya berdasarkan teori gaya belajar David Kolb. Subyek penelitian sebanyak 42 orang yang terdiri dari kelas XI dan XI. Penelitian dilakukan dengan metode survei. Instrumen yang digunakan adalah Kolb Learning Style Inventori. Setiap peserta didik memiliki gaya belajar yang berbeda. Gaya belajar yang dimiliki setiap peserta didik dapat dijadikan sebagai pedoman guru untuk merencanakan pembelajaran di kelas. Metode, model pembelajaran dan sikap guru yang tepat memiliki potensi untuk mencapai kegiatan pembelajaran yang efektif dan membantu meningkatkan prestasi peserta didik. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah gaya belajar peserta didik MIPA di SMA Swasta Tasikmalaya tersebar dalam 4 ragam menurut Kolb yaitu diverger, assimilator, accomodator dan converger. Gaya belajar yang banyak dimiliki oleh peserta didik adalah diverger dengan persentase 83 % diikuti oleh gaya belajar assimilator 10 %, gaya belajar accommodator 5% dan converger 2%. Terdapat perbedaan sebaran gaya belajar antar kelas.
Copyrights © 2020