Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi
Vol 5, No 1 (2020): Bioedusiana

Profil Gaya Belajar (David Kolb) di SMA Swasta Tasikmalaya dalam Mata Pelajaran Biologi

Kharisma Soraya (Universitas Siliwangi Tasikmalaya)
Rita Martasari (Universitas Siliwangi Tasikmalaya)
Siti Azzkah Nurhasanah (Universitas Siliwangi Tasikmalaya)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gaya belajar siswa pada mata pelajaran Biologi kelas MIPA di salah satu SMA Swasta Tasikmalaya berdasarkan teori gaya belajar David Kolb. Subyek penelitian sebanyak 42 orang yang terdiri dari kelas XI dan XI. Penelitian dilakukan dengan metode survei.  Instrumen yang digunakan adalah Kolb Learning Style Inventori. Setiap peserta didik memiliki gaya belajar yang berbeda. Gaya belajar yang dimiliki setiap peserta didik dapat dijadikan sebagai pedoman guru untuk merencanakan pembelajaran di kelas.  Metode, model pembelajaran dan sikap guru yang tepat memiliki potensi untuk mencapai kegiatan pembelajaran yang efektif dan membantu meningkatkan prestasi peserta didik. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah  gaya belajar peserta didik MIPA di SMA Swasta Tasikmalaya tersebar dalam 4 ragam menurut Kolb yaitu diverger, assimilator, accomodator dan converger. Gaya belajar yang banyak dimiliki oleh peserta didik adalah diverger dengan persentase 83 % diikuti oleh gaya belajar assimilator 10 %, gaya belajar accommodator 5% dan converger 2%. Terdapat perbedaan sebaran gaya belajar antar kelas.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

bioed

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

Bioedusiana adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan dua kali setahun (Juni-Desember) yang mempublikasikan hasil penelitian orisinal tentang pendidikan Biologi dan Biologi. Jurnal ini bertujuan untuk mengembangkan konsep, teori, perspektif, paradigma, dan metodologi dalam kajian ilmu Pendidikan ...