cover
Contact Name
Rinaldi Rizal Putra
Contact Email
rinaldi.rizalputra@unsil.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
bioedusiana@unsil.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota tasikmalaya,
Jawa barat
INDONESIA
Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi
Published by Universitas Siliwangi
ISSN : 24775193     EISSN : 26847604     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Bioedusiana adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan dua kali setahun (Juni-Desember) yang mempublikasikan hasil penelitian orisinal tentang pendidikan Biologi dan Biologi. Jurnal ini bertujuan untuk mengembangkan konsep, teori, perspektif, paradigma, dan metodologi dalam kajian ilmu Pendidikan Biologi dan Biologi.
Arjuna Subject : -
Articles 122 Documents
PERBEDAAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MAHASISWA BIOLOGI YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN GROUP INVESTIGATION Rita Fitriani
Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi Vol 1, No 1 (2016): Bioedusiana
Publisher : Jurusan Pendidikan Biologi - Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (558.251 KB) | DOI: 10.34289/277879

Abstract

The study aimed to determine the differences in cognitive learning result of biology students using inquiry and group investigation on the concept of biodevisersity. The research was comparative descriptive with one group pretest-postest design. Learning data collection techniques using pretest and posttest form and data were analyzed using independent t test. The result showed that there were differences in the biology students of learning result who use models of inquiry and group investigation and based on n-gain analysis know that inquiry learning model gives better results than group investigation.
POTENSI HASIL TANGKAPAN DAN KELIMPAHAN SUMBER DAYA IKAN DI PENDARATAN KARANGSONG INDRAMAYU Diana Hernawati; Diki Muhamad Chaidir; Vita Meylani; Rinaldi Rizal Putra
Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi Vol 3, No 2 (2018): Bioedusiana
Publisher : Jurusan Pendidikan Biologi - Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (395.133 KB) | DOI: 10.34289/277880

Abstract

Indonesia dengan tingkat keanekaragaman jenis ikannya merupakan sumberdaya potensial yang mempunyai nilai produktivitas yang tinggi. Kemampuan produksi sumberdaya ikan menentukan ketersediaan stok untuk perikanan. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui potensi hasil tangkapan dan kelimpahan sumber daya ikan di pendaratan Karangsong Indramayu. Metode pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan data hasil tangkapan dari bulan September sampai dengan Nopember pada tahun 2016 dan 2017. Sementara pengamatan langsung dlakukan di TPI Karangsong Indramayu. Hasil penelitian menunjukan jumlah jenis ikan yang tertangkap jaring nylon sebanyak 12 jenis, pancing sebanyak 4 jenis dan rampus sebanyak 12 jenis. Komposisi jenis ikan hasil tangkapan menunjukan jenis ikan tongkol lebih dominan tertangkap dengan jaring nylon dan rampus sedangkan penangkapan dengan pancing didominasi oleh ikan hiu. Berdasarkan rata-rata hasil penangkapan secara keseluruhan untuk Tahun 2016 sebesar 15.622.736 kg dan Tahun 2017 sebesar 17.977.502 kg. Rata-rata ini menunjukkan produktivitas penangkapan ikan cenderung terus bertambah  seiring dengan sumber daya ikan yang berlimpah. Penelitian ini juga sebagai informasi awal untuk keberlanjutan pengelolaan penangkapan ikan di perairan Karangsong Indramayu.
PENGARUH DIAGRAM VEE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KONSEP PERUBAHAN DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP Egi Nuryadin
Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi Vol 3, No 1 (2018): Bioedusiana
Publisher : Jurusan Pendidikan Biologi - Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (349.711 KB) | DOI: 10.34289/277881

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh media diagram vee terhadap hasil belajar peserta didik di kelas X MIPA pada konsep Perubahan dan Pelestarian Lingkungan Hidup di MA Negeri 1 Kota Tasikmalaya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2017 sampai dengan bulan Juli 2018. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X MIPA MA Negeri 1 Kota Tasikmalaya sebanyak 4 kelas yang terdiri dari 161 peserta didik dan sampel yang digunakan 2 kelas diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling yaitu kelas X MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data berupa tes hasil belajar berbentuk multiple choice pada konsep Perubahan dan Pelestarian Lingkungan Hidup berjumlah 30 soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji perbedaan dua rata-rata (uji-t) dengan taraf signifikan (α) = 5%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media diagram vee terhadap hasil belajar peserta didik pada konsep Perubahan dan Pelestarian Lingkungan Hidup di kelas X MA Negeri 1 Kota Tasikmalaya tahun pelajaran 2017/2018.
The Differences Of Student’s Achievement Between Using Cooperative Model Type Kancing Gemerincing and Time Token on Environment Pollution Concept Mufti Ali
Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi Vol 1, No 1 (2016): Bioedusiana
Publisher : Jurusan Pendidikan Biologi - Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (716.486 KB) | DOI: 10.34289/277882

Abstract

The purpose of this research is to describe the difference of student’s achievement cognitive, affective, and psychomotor on natural science subject between cooperative learning model with kancing gemerincing type and time token type. Which one’s better, the student’s cognitive, affective, and psychomotor on environment pollution   concept between cooperative learning model with kancing gemerincing type and time token type. This research used pre experimental design method, which is the population is all of the seventh  grade students of SMP Negeri 8 Tasikmalaya. Sample total entire 2 class that is class VIIA and VIID with each student as much 35 person. Measurement uses post test. Analysis technique that used t-independent on level of significant α = 0,05. The result shows that found the difference of student’s achievement cognitive, affective, and psychomotor on environment pollution concept between cooperative learning model with kancing gemerincing type and time token type. Based on the result in above it can be said student’s achievement cognitive, and psychomotor by using kancing gemerincing type model was better than time token type model on environment pollution concept. Beside that student’s achievement affective by using time token type model was better than kancing gemerincing type model on environment pollution concept.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KONSEP SISTEM PENCERNAAN MAKANAN PADA MANUSIA Neneng Erna; Egi Nuryadin
Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi Vol 3, No 2 (2018): Bioedusiana
Publisher : Jurusan Pendidikan Biologi - Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (285.522 KB) | DOI: 10.34289/277883

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe cooperative integrated reading and composition terhadap hasil belajar peserta didik pada konsep Sistem Pencernaan Makanan pada Manusia. Penelitian dilaksanakan pada bulan Desember 2012 sampai dengan bulan Maret 2013 SMA Negeri 1 Manonjaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode true experiment. Populasi penelitian ini adalah kelas XI IPA SMA Negeri 1 Manonjaya tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak 5 kelas dan sampel yang digunakan adalah 2 kelas yaitu kelas XI IPA 1 dan IPA 2 yang diambil dengan cara cluster random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa pada konsep Sistem Pencernaan Makanan pada Manusia. Tes ini berupa pilihan ganda dengan lima option. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Hasil penelitian menyimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe coperative integrated reading and composition terhadap hasil belajar peserta didik pada Konsep Sistem Pencernaan Makanan pada Manusia. Penelitian yang selanjutnya, peneliti harus melakukan inovasi agar model pambalajaran kooperatif tipe  cooperative integrated reading and composition ini lebih optimal dan menarik bagi peserta didik dalam memahami istilah-istilah pelajaran biologi.
PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN E-LEARNING DAN KONVENSIONAL Suharsono Suharsono; Dani Ramdani; Liah Badriah
Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi Vol 2, No 1 (2017): Bioedusiana
Publisher : Jurusan Pendidikan Biologi - Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (280.827 KB) | DOI: 10.34289/277884

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis mahasiswa biologi yang proses pembelajarannya menggunakan pendekatan e-learning dan konvensional pada konsep sistem pencernaaan makanan. Metode penelitian ini adalah metode komparatif yang menggunakan rancangan posttest control group design dengan populasi seluruh mahasiswa semester I program studi pendidikan Biologi FKIP UNSIL dengan sampel sebanyak 2 kelas yang diambil secara cluster random sampling yaitu kelas 1A sebanyak 30 orang dan kelas 1 C sebanyak 30 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan posttest untuk memperoleh data kemampuan akhir hasil belajar dan rubrik untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis mahasiswa, teknik analisis data yang digunakan adalah uji perbedaan dua rata-rata (uji-t) dengan taraf signifikan (α) = 5%. Berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis menunjukan nilai sig. (2 tailed) sebesar 0,690 0,05 untuk hasil belajar dan sig. (2 tailed) sebesar 0, 83 0,05 untuk berfikir kritis, dari data tersebut disimpulkan Ho diterima artinya tidak ada perbedaan yang signifikan hasil belajar dan kemampuan berfikir kritis mahasiswa biologi yang proses pembelajarannya menggunakan model pembelajaran e-learning dan konvensional.
PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN DEDUKTIF DAN INDUKTIF PADA KONSEP EKOSISTEM Liah Badriah
Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi Vol 1, No 1 (2016): Bioedusiana
Publisher : Jurusan Pendidikan Biologi - Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (375.564 KB) | DOI: 10.34289/277885

Abstract

This study aimed at investigating the differences between result study and critical thinking ability of biology students employing deductive and inductive learning approaches based on the ecosystem concept. This study uses comparative research, particularly posttest control group design. Besides, the population of this study the entire Second Semester Students of Biology Education Department, Faculty of Educational Sciences and Teachers’ Training, Siliwangi University.Moreover, the sample of this study is two classes taken randomly by utilizing cluster random sampling with a total of 67students. In addition, technique of collecting the data was conducted by the posttest to the students in order to obtain the data about students’ final learning outcomes and applying rubric for the sake of identifying the students’ critical thinking abilities. Likewise, T-Test (the test using to compare the differences of two scores average) with (α) = 5% as the significant level was used. The result of the data analysis and hypothesis testing, the results showed that (1)There was a significant learning outcome of Biology students employing deductive and inductive learning approaches. (2) there was a significant level of biology students’ creative thinking ability applying deductive and inductive learning. As a result, deductive learning approach plausibly yielded better learning outcomes and Inductive learning approach obviously influenced the students’ critical thinking abilities.Key Words: Inductive learning approach, deductive learning approach, result study and critical thinking ability.
PENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROYEK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KONSEP PEMANASAN GLOBAL Heldi Aristiadi; Rinaldi Rizal Putra
Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi Vol 3, No 2 (2018): Bioedusiana
Publisher : Jurusan Pendidikan Biologi - Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (436.177 KB) | DOI: 10.34289/277886

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis proyek terhadap hasil belajar peserta didik pada konsep pemanasan global di Kelas VII SMP Negeri 6 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2017 sampai dengan bulan April 2018 di SMP Negeri 6 Kota Tasikmalaya.  Metode penelitian yang digunakan adalah metode true eksperiment dengan populasi seluruh kelas VII SMP Negeri 6 Kota Tasikmalaya, sebanyak 10 kelas dengan jumlah siswa 320 orang. Sampel yang digunakan sebanyak dua kelas yang diambil secara cluster random sampling yaitu kelas VII-D yang dijadikan kelas kontrol dan kelas VII-E yang dijadikan sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar berjumlah 38 butir soal yang berbentuk pilihan ganda dengan empat option. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dan uji t deskriptif dengan taraf signifikan (α) = 5%.Berdasarkan hasil penelitian, pengolahan, dan analisis data, menunjukan terdapat pengaruh penggunaan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis proyek terhadap hasil belajar peserta didik pada konsep pemanasan global di Kelas VII SMP Negeri 6 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2017/2018.
KETERAMPILAN MAHASISWA DALAM MENGIDENTIFIKASI TUMBUHAN DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS MAJALENGKA SEBAGAI KOMPETENSI MATA KULIAH MORFOLOGI TUMBUHAN Muhamad Kurnia Sugandi
Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi Vol 3, No 1 (2018): Bioedusiana
Publisher : Jurusan Pendidikan Biologi - Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34289/277887

Abstract

Masalah pokok dalam peneltian ini adalah menganalisis keterampilan mahasiswa pendidikan biologi dalam mengidentifikasi tumbuhan sebagai kompetensi matakuliah Morfologi Tumbuhan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil yang diperoleh adalah kemampuan mahasiswa dalam mencari spesimen yang ditemukan berdasarkan kelompok yang berbeda yaitu kelompok tiga yang pencapaian sangat tinggi sekitar 33,3 %, kelompok satu 26,6% dan 22,8% untuk mahasiswa kelompok dua. Sedangkan untuk mengukur kemampuan mahasiswa dalam mengidentifikasi tumbuhan berdasarkan indikator bahwa kemampuan mahasiswa dalam mengidentifikasi tumbuhan berdasarkan indikator yang dicapai hanya ada mahasiswa terlihat mampu dalam indikator mengamati ciri-ciri spesimen tumbuhan sedangkan indikator lainnya belum mencapai hasil yang maksimal. Mahasiswa kelompok satu dan kelompok tiga yang mampu mencapai hasil maksimal yaitu rata-rata skor 2,8 (kategori baik) sedangkan indikator yang lainnya tidak mencapai hasil yang maksimal (tidak baik) yaitu rata-rata skor 2,1-2,6..
Pengaruh Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Dani Ramdani
Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi Vol 1, No 1 (2016): Bioedusiana
Publisher : Jurusan Pendidikan Biologi - Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (140.996 KB) | DOI: 10.34289/277888

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh multi media pembelajaran interkatif terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada subkonsep dampak kerusakan lingkungan di kelas VII MTs Negeri Cikatomas.Metode penelitian ini adalah metode true-eksperiment yang menggunakan rancangan Pottest-Only Control Design dengan populasi seluruh kelas VII MTs Negeri Cikatomas dengan sampel sebanyak 2 kelas yang diambil secara cluster random sampling yaitu kelas VIIE  sebanyak 39 orang dan kelas VIIB sebanyak 39 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan posttest untuk memperoleh data hasil belajar kognitif siswa dan teknik analisis data yang digunakan adalah uji independent sample t-test dengan taraf signifikan (α) = 5%.Berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis menunjukkan bahwa ada pengaruh multimedia pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar kognitif karena nilai sig. hasil belajar kognitif peserta didik 0.790 yang berarti HO ditolak. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan multimedia pembelajaran interaktif memebrikan pengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa pada subkonsep dampak kerusakan lingkungan di kelas VII MTs Negeri Cikatomas.multimedia pembelajaran interaktif, hasil belajar kognitif, dan dampak kerusakan lingkungan 

Page 1 of 13 | Total Record : 122