Islamic EduKids: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol. 2 No. 1 (2020): Islamic EduKids (Juni 2020)

Implementasi Kegiatan Sains Melalui Konstruktivisme Inkuiri Dengan Eksperimen Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak

Windarta, Libri Rizka Puri (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi kegiatanbermain sains melalui konstruksi inkuiri dengan metode eksperimen untuk meningkatkankemampuan kognitif anak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengansubjek penelitian anak-anak kelompok B di TK ABA Sumberadi, yang terdiri dari 24 anakdengan 13 anak perempuan dan 11 anak laki-laki. Objek penelitian ini adalahkemampuan kognitif yang akan ditingkatkan melalui konstruktivisme inkuiri melaluimetode eksperimen pada kegiatan sains. Teknik pengumpulan data yang digunakanadalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptifkuantitatif. Hasil penelitian ini telah menunjukkan adanya peningkatan kemampuankognitif pada anak kelompok B di TK ABA Sumberadi setelah menggunakan kegiatansains. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan dari siklus ke siklusyaitu dari pra tindakan, siklus I sampai ke siklus II yaitu nilai rata-rata kemampuankognitif anak pra tindakan adalah 50% dengan kriteria kurang baik meningkat menjadi65,3% kriteria cukup pada siklus I dan meningkat lagi setelah pelaksanaan siklus II yaitumenjadi 86,1% dengan kriteria baik.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

IEK

Publisher

Subject

Education Other

Description

Islamic EduKids adalah jurnal ilmiah hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan anak usia dini. Jurnal ini dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Islam Negeri Mataram dan terbit secara berkala sebanyak dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan Juni ...