Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi kegiatanbermain sains melalui konstruksi inkuiri dengan metode eksperimen untuk meningkatkankemampuan kognitif anak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengansubjek penelitian anak-anak kelompok B di TK ABA Sumberadi, yang terdiri dari 24 anakdengan 13 anak perempuan dan 11 anak laki-laki. Objek penelitian ini adalahkemampuan kognitif yang akan ditingkatkan melalui konstruktivisme inkuiri melaluimetode eksperimen pada kegiatan sains. Teknik pengumpulan data yang digunakanadalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptifkuantitatif. Hasil penelitian ini telah menunjukkan adanya peningkatan kemampuankognitif pada anak kelompok B di TK ABA Sumberadi setelah menggunakan kegiatansains. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan dari siklus ke siklusyaitu dari pra tindakan, siklus I sampai ke siklus II yaitu nilai rata-rata kemampuankognitif anak pra tindakan adalah 50% dengan kriteria kurang baik meningkat menjadi65,3% kriteria cukup pada siklus I dan meningkat lagi setelah pelaksanaan siklus II yaitumenjadi 86,1% dengan kriteria baik.
Copyrights © 2020