Jurnal Keperawatan Terpadu (Integrated Nursing Journal)
Vol 2, No 1 (2020): April

Konsep Diri Remaja Yang Mengalami Bullying

Puji Lestari (Universitas Ngudi Waluyo)
Liyanovitasari Liyanovitasari (Universitas Ngudi waluyo)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2020

Abstract

Konsep diri terdiri dari semua nilai-nilai, keyakinan dan ide-ide yang berkontribusi terhadap pengetahuan diri dan mempengaruhi hubungan seseorang dengan orang lain. Bullying dapat menjadikan konsep diri remaja terganggu. Tujuan penelitian untuk mengetahui  konsep diri remaja yang mengalami bullying. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan survey deskriptif. Sampel 88 remaja yang  pernah mengalami bullying. Alat ukur konsep diri dengan Tennessee Self Concept Scale (TSCS). Hasil penelitian menunjukkan remaja yang memiliki konsep diri yang positif sebanyak 45 responden (51,1%), sedangkan remaja yang memiliki konsep diri negatif sebanyak 43 (48,9%). Diharapkan adanya upaya dari masyarakat dan institusi pendidikan untuk mengatasi perilaku bullying yang dapat berdampak pada konsep diri remaja

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

home

Publisher

Subject

Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health

Description

Jurnal Keperawatan Terpadu (Integrated Nursing Journal) is a nursing journal published by Poltekkes Kemenkes Mataram. This journal focuses on original research about nursing care delivery, organization, manjagement, workforce, policy and research methods relevant to nursing and other health ...