Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE)
Vol 6, No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE)

Pengaruh Model Diskursus Multy Representasy (DMR) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa

Dewi Azizah (Universitas Pekalongan Jl. Sriwijaya No. 3 Pekalongan)
Farida Eka Handayani (Universitas Pekalongan Jl. Sriwijaya No. 3 Pekalongan)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2020

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran DMR terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimental dengan desain penelitian posttest-only control design. Instrumen pada artikel ini menggunakan tes yaitu tes kemampuan pemecahan masalah siswa materi kubus dan balok. Data kemampuan pemecahan masalah diperoleh melalui posttest. Analisis data diolah dengan menggunakan uji-t. Hasil perhitungan analisis data diperoleh thitung (3,113) > ttabel (1,960), maka dapat dikatakan bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah yang diajar dengan model DMR dan model Direct instruction terdapat perbedaan, serta kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar dengan model DMR lebih baik dari kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar dengan model Direct Instruction.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

surya

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

JURNAL PENDIDIKAN SURYA EDUKASI (JPSE) diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Purworejo sebagai media penuangan hasil penelitian bidang pendidikan. Terbit dua kali dalam setahun tiap bulan Desember dan Juni. ...