Puteri Hijau : Jurnal Pendidikan Sejarah
Vol 5, No 1 (2020): Puteri Hijau: Jurnal Pendidikan Sejarah Vol.5 No.1

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SEJARAH AFRIKA BERBASIS MULTIKULTURALISME UNTUK MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN SEJARAH

Abd Haris Nasution (UNIMED)
Flores Tanjung (UNIMED)
Arfan Diansyah (UNIMED)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah untuk mengembangkan Bahan Ajar Sejarah Afrika Berbasis Multikulturalisme untuk Mahasiswa Jurusan Pendidikan Sejarah. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket, observasi, dan wawancara. Bahan Ajar dikembangkan mengunakan model Borg dan Gall yang dikelompokkan dalam empat tahap, yakni studi pendahuluan, pengembangan, uji lapangan, diseminasi dan sosialisasi produk. Penilaian ahli materi sebesar 4,14 yang termasuk dalam katergori baik dan penilaian ahli media sebesar 4,07 yang termasuk dalam kriteria baik. Penilaian mahasiswa dalam tahap uji lapangan terbatas, uji lapangan lebih luas, dan uji operasional masing-masing 4,19; 4,26; dan 4,14. Nilai 4,19 dalam uji lapangan termasuk dalam kriteria baik, nilai 4,26 dalam uji lapangan lebih luas termasuk dalam kriteria sangat baik, dan nilai 4,14 dalam uji operasional termasuk dalam kriteria baik.Keywords: Bahan Ajar, Sejarah Afrika, Multiculturalisme

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ph

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Puteri Hijau: Jurnal Pendidikan Sejarah, merupakan media publikasi hasil penelitian guru, dosen dan peneliti bidang Pendidikan Sejarah, Ilmu Sejarah dan Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Puteri Hijau terbit per 6 (enam) bulan, Januari dan ...