Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar)
Vol 3, No 1: Maret 2020

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI METODE MIND MAPPING KELAS IV SEKOLAH DASAR

Widiasti, Erlinda (Unknown)
Sukma, Hanum Hanifa (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2020

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi peserta didik kelas 4 SD Muhammadiyah Pulokadang pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Pada penelitian ini menggunakan metode mind mapping. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan selama dua siklus. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas 4 yang berjumlah 22 orang. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini memakai analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif.  Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari presentase hasil rata-rata menulis karangan narasi peserta didik pada siklus 1 sebesar 64,7%, kemudian pada siklus 2 meningkat menjadi 81,4%. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan metode mind mapping pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan hasil keterampilan dalam menulis karangan narasi peserta didik kelas 4 SD Muhammadiyah Pulokadang. Kata kunci: Keterampilan, Kooperatif Learning, Mind Mapping

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

fundadikdas

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Fundamental Pendidikan Dasar (Fundikdas) mengakomodasi penerbitan artikel ilmiah hasil tugas akhir di bidang pendidikan dasar yang berasal dari mahasiswa dan alumni PGSD FKIP UAD. FUNDIKDAS ini diterbitkan sebanyak 3 volume dalam setahun. Jurnal FUNDIKDAS dikelola atas kerjasama Prodi PGSD ...