Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis
Vol 5, No 2 (2020): Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis

Analisis Makna Iklan Indomie Versi “Selera Yang Selalu Menemani”

Friska Amallia (STIKS Tarakanita)
Agustinus Rustanta (STIKS Tarakanita)



Article Info

Publish Date
29 May 2020

Abstract

Penelitian ini tentang iklan Indomie versi “Selera yang selalu menemani” pada kanal Youtube. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui makna-makna atau pesan-pesan khususnya makna atau pesan denotasi, konotasi, dan mitos di dalam tayangan iklan Indomie versi “Selera yang selalu menemani”. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, dengan pisau analisis Semiotika Roland Barthes. Ditemukan bahwa terdapat makna denotasi di dalam tayangan iklan Indomie versi “Selera yang selalu menemani”adalah aktivitas sehari-hari yang dilakukan oleh masyarakat yang ada di pedesaan dan di kota salah satunya yaitu kegiatan makan mie instan bersama-sama. Makna konotasi yang terdapat di dalam tayangan iklan Indomie versi “Selera yang selalu menemani” adalah kebersamaan, keserdahaan, dan keberagaman. Makna mitos yang terdapat di dalam tayangan iklan Indomie versi “Selera yang selalu menemani” adalah sebuah kebiasaan yang tanpa sadar atau dengan sadar dilakukan oleh masyarakat Indonesia selama ini yaitu gotong royong, dan “Mangan Ora Mangan Sing Penting Ngumpul”.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JIK

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis adalah jurnal ilmiah bidang ilmu komunikasi serta ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan bidang komunikasi yang diterbitkan oleh STIKS TARAKANITA, Program Studi S1 Komunikasi di Jakarta. Jurnal Ilmu Komunikasi menyampaikan sumbangan pemikiran di bidang komunikasi ...