Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar bermain bolabasket. Subjek dalam Penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Sukoharjo yang berjumlah 29 peserta didik. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan teknik persentase untuk melihat kecenderungan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini diselesaikan dalam siklus 2 ketuntasan belajar mencapai 86,21% dengan KKM 75, adapun target capaian ketuntasan yang ditetapkan oleh peneliti adalah 80%. Terbukti berdasarkan hasil analisis data diatas dapat disimpulkan bahwa: penerapan pendekatan taktis dapat meningkatkan hasil belajar bermain bolabasket pada peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2019/2020. Dari hasil penelitian ini memperoleh data sebagai berikut: pada kondisi awal ketuntasan belajar sebesar 24,14% atau sebanyak 7 peserta didik, pada siklus I ketuntasan belajar mencapai 62,07% atau sebanyak 18 peserta didik dan pada siklus II ketuntasan belajar mencapai 86,21% atau sebanyak 25 peserta didik telah masuk pada kriteria tuntas sedangkan 4 peserta didik lainnya belum mencapai ketuntasan dari total keseluruhan peserta didik 29 orang, dengan KKM 75, adapun target capaian ketuntasan yang ditetapkan oleh peneliti adalah 80%. Terbukti berdasarkan hasil analisis data diatas dapat disimpulkan bahwa: penerapan pendekatan taktis dapat meningkatkan hasil belajar bermain bolabasket pada peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2019/2020.
Copyrights © 2020