Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Vol 4 No 1 (2020): TRANSFORMASI : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS BERDASARKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS

Dinda Amalia (Unknown)
Windia Hadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor penyebab kesalahan yang dilakukan siswa yang mempunyai kemampuan penalaran tinggi dan rendah dalam menyelesaikan soal HOTS berdasarkan teori Newman. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian berjumlah 36 siswa kelas VIII di salah satu SMP Jakarta semester ganjil tahun ajaran 2019/2020 untuk menentukan kategori kemampuan penalaran matematis. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Kerangka analisis dikembangkan berdasarkan kategori kesalahan Newman. Hasil penelitian menunjukkan siswa kemampuan penalaran tinggi matematis (SKPT) memiliki kesalahan dalam memahami soal dan kesalahan keterampilan proses serta mampu menyelesaikan soal HOTS dengan benar tanpa ada kesalahan, sedangkan siswa kemampuan penalaran rendah (SKPR) rendah memiliki kesalahan memahami soal HOTS dan kesalahan dalam keterampilan proses. Faktor yang menyebabkan kesalahan SKPT adalah kekeliruan dalam melakukan perhitungan dalam menyelesaikan soal HOTS sedangkan, faktor penyebab kesalahan SKPR adalah pada segi kognitif yaitu kurang memahami soal dengan baik.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

transformasi

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Focus and Scope Jurnal Transformasi adalah Pendidikan Matematika meliputi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dan Penelitian Pengembangan (R&D). Disamping itu untuk Matematika Murni/Terapan meliputi Pemodelan Matematika, Statistika, dan Geometri. ...