EKSISBANK (Ekonomi Syariah dan Bisnis Perbankan)
Vol 4 No 1 (2020): EKSISBANK (Ekonomi Syariah dan Bisnis Perbankan)

Analisis Mekanisme Praktik Jual Beli Followers Dalam Perspektif Ekonomi Islam Di Media Sosial Instagram

Nindi Apridha Jamil (STIES Indonesia Purwakarta)
Asep Dede Kurnia (STIES INDONESIA PURWAKARTA)
Jalaludin Jalaludin (STIES Indonesia Purwakarta)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2020

Abstract

Abstrak - Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mekanisme praktek jual beli followers di media sosial Instagram dan untuk mengetahui mekanisme praktek jual beli followers di media sosial instagram dalam perspektif ekonomi Islam. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research), adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif-kualitatif. Mekanisme yang dilakukan dalam praktik jual beli followers ini dilakukan seperti jual beli online dan Mekanisme praktik jual beli followers dalam perspektif ekonomi Islam, jual beli followers Jika ditinjau dari jual beli secara umum berdasarkan Fatwa Dewan Syariah Nasional- Majelis Ulama Indonesia Nomor 110/DSN-MUI/IX/2017 melalui tabel kesesuaian adanya ketidaksesuaian syariah dalam jual beli Followers. Jual beli followers ini termasuk kedalam jual beli yang tidak sah yang disebabkan tidak terpenuhinya beberapa rukun dan syarat diantaranya mengenai objek dan tidak sesuai dengan prinsip muamalah.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

EKSISBANK

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Eksisbank Journal is open access published by the Sharia Economic Study Program and Syariah STIES Banking Indonesia Purwakarta. The main objective of Eksisbank is to provide a platform for scholars, academics and international researchers to share contemporary thoughts in the fields of accounting, ...