Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan komunikasi matematis yang diajarkan dengan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berbantuan alat peraga papan sisi lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis yang diajarkan melalui model pembelajaran Direct Intruction. Penelitian ini dilakukan di SMP N 7 Lhoksukon pada kelas VIII tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment. Penelitian ini dilakukan pada dua kelas yaitu kelas eksperimen yang mendapatkan pembelajaran dengan model Numbered Head Together (NHT) sedangkan kelas yang kedua adalah kelas kontrol yang mendapatkan pembelajaran langsung. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP N7 Lhoksukon yang terdiri dari 2 kelas. Instumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah tes kemampuan komunikasi matematis.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa dengan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dengan bantuan alat peraga papan sisi lebih baik dari pembelajaran Direct Instruction pada materi Relasi kelas VIII di SMP N7 Lhoksukon. Hal ini sesuai dengan perolehan nilai Z sebesar -2,039dengan signifikan 0,041. Penelitian ini menggunakan uji satu pihak, nilai sig tersebut dibagi dua menjadi 0,0205 dimana nilai signifikan tersebut < 0,05 dengan demikian hipotesis Ho ditolak. Artinya peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model Numbered Head Together (NHT) berbantuan alat peraga papan sisi lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembalajaran dengan model pembelajaran langsung.
Copyrights © 2020