Lesson Study merupakan model pembinaan bagi profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berlandaskan prisnsip kesejawatan. Model ini sesuai untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dalam proses pembelajaran sebagai bahan evaluasi pembelajaran selanjutnya yang lebih baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan Lesson Study pada kelas 5 SDN Sitirejo 04, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang, yaitu pada materi IPA lebih khuusnya adalah sistem peredaran darah manusia. Hasil dari penerapan LS yaitu pada tahap Plan, guru merencanakan menggunakan model pembelajaran Role playing serta media gambar, pada tahap Do, guru menerapkan pula metode ceramah, simulasi dan tanya jawab, dan pada tahap See didapatkan oleh observer bahwa kegiatan yang dilaksanakan dalam kelas adalah antusiasme dari siswa dalam belajar. Tiga tahap dalam LS sebaiknya dilakukan dengan baik dan persiapan yang matang baik isntrumen, waktu maupun jumlah pihak yang terlibat sebagai perencana, guru model, pengamat/ observer dan pendokumentasian setiap tahap agar tersipta LS yang baik.
Copyrights © 2020