Jurnal Edukasi Sumba (JES)
Vol. 4 No. 1 (2020)

Pemanfaatan Panas Pada Elemen Peltier Untuk Membuat Charger Handphone

Elyakim N. S. Patty (STKIP Weetebula)
Cornelia Sri Sulasmi Padaka (Program Studi Pendidikan Fisika)
Maria Imakulata Bora (Program Studi Pendidikan Fisika. STKIP Weetebula)
Frenly Martha Ate (Program Studi Pendidikan Fisika. STKIP Weetebula)
Serliana Muri Ate (Program Studi Pendidikan Fisika. STKIP Weetebula)
Elisabeth Kaley (Program Studi Pendidikan Fisika. STKIP Weetebula)
Tresia Desinta Wole (Program Studi Pendidikan Fisika. STKIP Weetebula)
Marselina Osa Awa (Program Studi Pendidikan Fisika. STKIP Weetebula)
Antonius Gawi Lokku (Program Studi Pendidikan Fisika. STKIP Weetebula)
Kanisius Bili Bulu (Program Studi Pendidikan Fisika. STKIP Weetebula)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2020

Abstract

Handphone merupakan sebuah perangkat elektronik yang tidak lepas dari kehidupan manusia. Keberadaannya sangat mempermudah berbagai pekerjaan yang dilakukan oleh manusia. Untuk kestabilan pengoperasian handphone membutuhkan energy dalam bentuk baterai yang dapat digunakan untuk menghidupkan handphone.Charger handphone merupakan sarana yang dipergunakan untuk pengisian daya pada baterai. Adakalanya di daerah yang kekurangan aliran listrik (PLN), penggunaan handphone untuk akses informasi dan komunikasi menjadi terhambat. Berdasarkan kondisi ini maka dirancang sebuah alat charger sederhana yang dapat dipergunakan mencas handphone dengan memanfaatkan energy dari alam seperti panas api dan panas uap air yang dirancang dengan bantuan elemen peltier sebagai penghantar panas untuk menghasilkan tegangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tegangan yang dihasilkan oleh elemen peltier pada charger yang dirancang.Keywords: Charger handphone, elemen peltier

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jes

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Edukasi Sumba (JES) merupakan jurnal ilmiah yang mulai diterbitkan pada tahun 2017 dan menerbitkan artikel ilmiah hasil penelitian di bidang pendidikan secara umum yang mencakup Penelitian Tindakan Kelas (PTK), pengembangan model dan teknologi pembelajaran, analisis pendidikan baik pada ...