Lampuhyang
Vol 11 No 2 (2020)

Peningkatan Keterampilan Menulis Aksara Bali (Permulaan) melalui Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) pada Siswa Kelas III SDN 3 Tiyingtali Tahun pelajaran 2019/2020

I Wayan Jatiyasa (Stkip Agama Hindu Amlapura)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis aksara Bali (permulaan) melalui model pembelajaran Course Review Horay (CRH) pada siswa kelas III SDN 3 Tiyingtali tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan rancangan PTK dengan 2 (dua) siklus. Berdasarkan hasil penelitian, maka diketahui bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) dapat meningkatkan keterampilan menulis aksara Bali (permulaan) siswa kelas III SDN 3 Tiyingtali tahun pelajaran 2019/2020, karena sesuai dengan hasil yang didapatkan sebelumnya pada prasiklus dari 20 orang siswa hanya 9 (45%) orang berkategori Baik, 7 (35%) orang berkategori Kurang, dan 4 (20%) orang berkategori Sangat Kurang dengan rata-rata 53,55 (Kurang). Sedangkan pada siklus I terjadi peningkatan yaitu dari 20 orang jumlah siswa, 14 (70%) orang berkategori Baik dan 6 (30%) orang berkategori Cukup dengan rata-rata 71,7 (Baik). Selanjutnya pada siklus II keterampilan siswa meningkat jauh lebih baik yaitu dengan nilai siswa yang mendapat nilai Baik Sekali 1 (5%) orang, siswa yang mendapat nilai Baik yaitu 19 (95%) orang dengan rata-rata 75,55 (Baik).

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jurnallampuhyang

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal LAMPUHYANG Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama dan Kebudayaan merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Lembaga Penjamin Mutu STKIP Agama Hindu Amlapura. Jurnal LAMPUHYANG terbit dua kali dalam setahun yaitu bulan Januari dan ...